caption trialgame

Tetap Jaga Fisik Selama di Rumah

Tuesday, 28 April 2020

 

Dampak pendemi COVID-19 adalah tidak adanya kompetisi motor trail di tanah air. Nah bagi para pebalap profesional, mereka tentu harus tetap menjaga kondisi fisik agar tidak drop ketika nanti kompetisi dimulai kembali.

Kendati saat ini sedang diberlakukan social serta pshysical distancing tapi bukan berarti bahwa Anda tidak bisa melakukan kegiatan olahraga untuk menjaga fisik ya. Nah pola latihan fisik apa saja sih yang biasanya dilakukan oleh pebalap profesional yang bisa Anda lakukan di rumah? Simak ulasannya yuk.

Perlu diingat bahwa para pebalap profesional diberikan latihan untuk menjaga kekuatan tubuh bagian atas, bawah, dan core body (tubuh bagian tengah). Anda bisa melakukan push up dan sit up 20 reps (gerakan naik turun) sebanyak 4 set. Lalu, dikombinasikan dengan plank ataupun hanging masing-masing 1 menit, selama 3 set. Terakhir, triceps dips 20 reps (menggantungkan badan dengan kekuatan lengan) sebanyak 3 set.

?Selain latihan-latihan tersebut, jangan lupa juga untuk melakukan olahraga cardio seperti lari sejauh minimal 4 km per hari, dengan mengutamakan keamanan tentunya. Atau, bisa diganti dengan sepeda statis selama 45 menit untuk ketahanan tubuh.

Kendati porsi latihan di atas bisa dilakukan oleh semua orang tapi jangan lupa untuk tetap melakukan seusai porsi dan kekuatan tubuh masing-masing. Misalnya pebalap profesional melakukan push up 20 reps sebanyak 4 set, sementara untuk yang belum terbiasa bisa dilakukan hanya 2 set. Begitu juga latihan yang lainnya.

?Tentu tak hanya melakukan latihan ringan setiap hari untuk menjaga kondisi tubuh tetap maksimal. Pola makan menjadi salah satu yang harus tetap diperhatikan.Makan makanan bergizi dan sesuai porsi kebutuhan tubuh kita. Rajin mengontrol asupan karbohidrat adalah kunci krusial jadi jangan terlalu banyak mengkonsunsmi karbo ya.

Nah karena latihan fisik amat sangat menguras tenaga jangan lupa juga untuk lebih banyak minum agar tidak dehidrasi. Minimal 8 gelas per hari. Terakhir adalah konsumsi buah-buahan diperbanyak untuk menjaga keseimbangan asupan.

comments

`