caption trialgame

Tetap Nyaman di Tengah Hujan!

Tuesday, 17 January 2023

Nyaman Bermotor di Tengah Guyuran Hujan


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG memprakirakan bahwa di akhir bulan Januari hingga pertengahan Februari, sebagian wilayah Indonesia akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Dengan adanya ramalan ini tentu, Anda bisa mengantisipasi jika memang terjadi perubahan cuaca yang cukup ekstrim dan salah satu persiapan yang biasa Anda lakukan adalah dengan menyiapkan jas hujan atau rain coat yang sesuai dengan kebutuhan.

Rain coat atau jas hujan menjadi salah satu perlengkapan penting untuk para pengendara motor. Sebab ia mampu melindungi tubuh dari guyuran air hujan. Walau saat ini jubah penahan air punya banyak model, jangan sampai salah pilih untuk keperluan Anda ya. Kami akan berikan kisi-kisi untuk mendapatkan jas hujan yang ideal untuk mendukung kegiatan Anda.

Dalam memilih jas hujan, jangan hanya dilihat dari model dan desainnya saja, namun juga wajib perhatikan ukuran yang tepat sesuai badan. Soalnya, jas hujan dapat mempengaruhi kenyamanan berkendara. Bila terlalu besar atau sempit dapat membuat ruang gerak menjadi terbatas dan sangat berbahaya jika memaksakan diri tetap berkendara.  Karena rain coat dikenakan di luar pakaian, pertimbangkanlah ukuran produk yang sedikit lebih besar dari ukuran pakaian sehari-hari. Baiknya membeli di toko agar bisa mencoba langsung bersama dengan pakaian yang dikenakan.

Hindari penggunaan berbahan plastik karena sangat mudah sobek. Saat ini banyak ditawarkan dengan bahan PVC, polyester with oil coating dan Gore-tech. Masing masing material memiliki kelebihan dan kekurangan. Khusus bahan PVC atau Polyvinyl chloride (Polivinil klorida). Ia sejatinya punya daya tahan menolak air yang cukup signifikan. Meski cukup lentur, tapi saat dipakai terasa panas.

Ada pula yang menawarkan PVC dikombinasikan dengan Polyester. Lazimnya bahan PVC digunakan buat bagian luar, dan Polyester untuk lapisan dalam yang bertujuan untuk menambah kenyamanan. Sayangnya jenis ini terlalu berat.  Disarankan pilih yang 100 persen polyester dengan campuran oil coating. Kain jenis ini biasanya sudah dilapisi dengan bahan waterproof. Ia bersifat ringan dan memudahkan mobilitas dan memiliki ketahanan air yang lebih baik. Sayangnya tipe ini dijual cukup mahal.

Buat kasta tertinggi rain coat menggunakan material Gore-tech. Keunggulannya ia memiliki daya serap kelembapan yang tinggi. Lazimnya sudah memiliki fitur breathable. Artinya walau waterproof alias anti-air namun bahan ini masih memiliki sirkulasi udara. Sehingga badan terasa adem saat memakainya. Kurangnya hanya satu, yaitu ditawarkan dengan harga yang tidak murah.

Tak hanya pintar memilih bahan berkualitas, perhatikan juga fitur yang terdapat pada jas hujan. Cari yang punya sistem seam seal. Untuk memastikan jahitan antar potongan tertutup rapat. Dengan begitu, konstruksinya jadi lebih kokoh dan tahan lama. Selain itu, pertimbangkan produk dengan warna terang. Akan lebih baik jika memiliki fitur scotchlite atau reflektor, yang berfungsi memantulkan cahaya saat terpapar sinar lampu, membuat pengendara lain menyadari keberadaanmu. Kemudian carilah produk yang praktis dan kompak. Dengan begitu, lebih hemat tempat saat disimpan. Dan lebih praktis lagi jika telah dilengkapi dengan kantong penyimpanan khusus.

comments

`