caption trialgame

Tiga Biang Kerok Penyebab Oli Bocor!

Wednesday, 3 March 2021

Tiga Biang Kerok Penyebab Oli Bocor!


Sebagai salah satu komponen penting dan harus selalu diperhatikan, oli berfungsi sebagai stimulus agar mesin dapat bekerja optimal tanpa menyebabkan gesekan antar komponen yang bisa mengakibatkan kerusakan, aus, atau masalah internal kendaraan lainnya. Kebocoran oli bukan hal yang jarang dan bisa terjadi karena berbagai macam faktor.  Tapi ada tiga hal utama yang menjadi biang kerok terjadinya oli bocor pada motor Anda.  Apa saja sih? Simak penjelasannya ya.

Yang pertama adalah volume oli yang berlebihan. Pada dinding mesin kendaraan biasanya terdapat informasi mengenai volume cairan pelumas. Lewat informasi tersebut, dapat diketahui seberapa banyak kuantitas pelumas yang ada dalam mesin kendaran. Bila oli yang terisi berlebihan, tentu saja oli bisa merembes keluar. Anda bisa menggunakan penutup lubang pengisian oli untuk melihat seberapa banyak kapasitas oli yang ada di dalamnya. Kondisi kekentalan oli juga dapat terlihat dengan alat ini. Bila oli sudah berwarna hitam pekat dan kental, maka itu merupakan waktu untuk ganti oli.

Kondisi seal yang sudah tidak prima juga bisa menjadi penyebab oli bocor. Ini bisa terjadi saat komponen tersebut pecah atau mengalami keretakan karena usia pakainya sudah melewati batas. Komponen seal ini terbuat dari karet yang jika terpapar panas terus menerus akan membuat teksturnya jadi keras, hal ini yang menyebabkan komponen bisa retak tiba-tiba. Solusi utamanya adalah dengan mengganti komponen seal dengan yang baru.

Faktor berikutnya juga bisa dipengaruhi oleh packing mesin motor yang bocor. Hal ini biasanya terjadi karena usia pakai yang sudah cukup lama atau karena motor trail sudah tua. Untuk itu, jika motor trail dirasa sudah cukup tua, segera cek kondisi berbagai macam komponen yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah packing mesin karena memiliki peran cukup vital bagi kendaraan.

Jika oli dibiarkan merembes atau bocor, kuantitas oli tentunya akan berkurang dan bisa habis seluruhnya. Hal tersebut dapat menghambat kinerja mesin dan membuatnya tidak maksimal dalam bekerja. Oli bocor juga bisa mengotori jalan atau lantai, dan dalam jumlah besar, akan membuat jalanan licin dan membahayakan pengguna jalan lainnya.  Apapun penyebabnya, oli bocor harus segera ditangani karena oli memiliki peran penting dalam operasional kendaraan dan bisa menghambat kinerja maksimal mesin

comments

`