caption trialgame

Tilang Bakal Sambut Yang Gagal Uji Emisi!

Thursday, 11 November 2021

Tilang Bakal Sambut Yang Gagal Uji Emisi!


Bagi Anda yang tinggal di kawasan Jakarta dan sekitarnya, agar lebih mempersiapkan motor trail kesayangan Anda dengan lebih baik karena mulai pertengahan November ini, Pemprov DKI bakal menerapkan sanksi tilang bagi kendaraan yang tidak mengikuti dan atau tidak lulus uji emisi, termasuk motor juga.

 Penindakan tersebut merupakan tindak lanjut dari Peraturan Gubernur DKI (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 yang mengatur seluruh kendaraan wajib melakukan atau lulus uji emisi. Tidak heran jika kemudian gerai uji emisi pun mulai menjamur di berbagai daerah di sekitaran Jakarta.

Nah bagi Anda yang menggunakan knalpot after market sebaiknya bersiap-siap untuk menggantinya dengan knalpot bawaan pabrik, karena knalpot after market, apalagi yang berjenis racing, sebagian besar dipastikan tidak lolos uji emisi lho.  Knalpot sendiri berperan penting dalam mengendalikan emisi gas buang motor.

Knalpot standar pabrikan dirancang agar dapat menekan emisi gas buang yang dihasilkan.Tapi kalau sudah diganti knalpot racing, bisa jadi fungsi knalpot standar hilang. Pada knalpot racing, kebanyakan tidak ada lagi sekat atau saringan catalytic converter terpasang sebagai pengendali emisi gas buang.

Buat yang belum tahu, catalytic converter di knalpot berperan penting dalam menekan kadar emisi gas buang yang dihasilkan mesin. Menggunakan material khusus, kadar emisi gas buang yang beracun bisa diubah supaya lebih ramah lingkungan.

Pemakaian knalpot racing pasti membuat angka AFR ratio mesin berubah, sebab sensor oksigen bakal membaca ada perubahan tekanan gas buang. Alternatifnya Anda  bisa pasang catalyctic converter khusus knalpot racing, namun hal ini tidak menjamin juga. Oleh karena itu supaya aman, sebaiknya pakai knalpot standar bawaan pabrik deh sebelum bawa motor untuk tes uji emisi. Meskipun komponen lain di motor dalam kondisi prima, hanya karena pakai knalpot racing bisa bikin gagal tes uji emisi tuh dan denda tilang bakal siap menyambut Anda jika terjaring operasi ini

comments

`