caption trialgame

Tingkatkan Akselerasi Supermoto Tanpa Bongkar Mesin

Friday, 17 April 2020

 

Memang bukan takdirnya jika motor trail bisa melaju dengan kencang, karena pada kaidahnya motor jenis bukanlah diperuntukan untuk melibas lintasan dengan cepat. Tapi ada beberapa kondisi dimana motor trail dituntut untuk bisa tampil kencang misalnya pada jenis supermoto.

Nah supermoto digemari karena bisa digunakan untuk lomba, touring jarak jauh dan kegiatan sehari-hari. Dan jika supermoto Anda digunakan untuk lomba, tentu saja Anda berharap motor tersebut dapat melaju dengan kencang.

Biasanya untuk menambah akselerasi supermoto menjadi lebih kencang diperlukan ubahan pada bagian mesin, namun pada artikel ini kami akan membahas ubahan sederhana yang harus dilakukan tanpa perlu membongkar mesin. Simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah dengan mengganti knalpot bawaan motor dengan knalpot racing aftermarket. Dengan berat knalpot racing yang lebih ringan, beban yang dibawa motormu akan berkurang. Selain itu diharapkan converter katalitik dari knalpot ini akan menaikkan daya yang sudah ada.

Kemudian gunakan bahan bakar berkualitas baik. Terkadang banyak orang yang menganggap remeh dengan pemilihan bahan bakar. Untuk jenis bahan bakar juga sangat memperngaruhi kinerja mesin, dengan kata lain. Jika kalian menggunakan bahan bakar yung berkualitas, performa dan kinerja mesin akan lebih sempurna. Sebagai pilihan yang tepat, alangkah baiknya gunakan bahan dengan octan yang lebih tinggi ya.

Nah yang ketiga ini yang biasanya paling sering dilakukan yaitu dengan memodifikasi karburator. Memodifikasi karburator sendiri bertujuan agar performa ruang bakar semakin maksimal. Caranya adalah dengan mengganti spuyer karburator dengan ukuran yang lebih besar. Tapi jangan asal ganti aja, penggantian yang gak sesuai berimbas motor menjadi tersendat dan rentan mogok. Jika tidak memiliki pengalaman, sebaiknya serahkan hal ini pada montir kepercayaan Anda.

Jangan lupa untuk rajin membersihkan karburator, agar kinerjanya akan tetap sempurna. Pada bagian yang satu ini memang sering kali terkena kotoran yang masuk kedalam karburator, sehingga mesin sering tersendat-sendak jika tuas gasnya di tarik.

Yang terakhir adalah cukup dengan ganti CDI yang terdapat pada motor Anda. Meskipun terlihat sangat sepele, namun komponen yang satu ini memiliki peran yang sangat penting sekali terhadap kinerja mesin. Anda bisa menggantinya dengan CDI yang memiliki kualitas sangat bagus, karena di toko sparpart sudah banyak yang menyediakannya Seperti CDI AC dan CDI DC.

Nah demikian cara untuk mendapatkan akselerasi optimal pada supermoto Anda, tanpa perlu bongkar mesin. Lantas bagaimana dengan yang modifikasi bongkar mesin? Tenang kami akan bahas pada artikel selanjutnya

 

 

comments

`