caption trialgame

Tips Ampuh Hilangkan Karat pada Mesin Motor Trail

Tuesday, 15 December 2020

Tips Ampuh Hilangkan Karat pada Mesin Motor Trail


Berpetualang di medan offroad pada musim hujan membuat motor trail Anda memerlukan perawatan lebih intensif. Karena, di saat musim hujan, beberapa komponen pada motor sangat berpotensi sekali memicu timbulnya korosi pada sebagian komponen. Khususnya pada bagian tertentu yang berbahan material besi.  Lantas, bagaimana jika kondisi motor sudah mulai muncul indikasi korosi atau karatan?  Jangan khawatir ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan karat pada motor trail Anda, simak ulasannya ya.

Salah satu cara menghilangkan karat pada mesin motor yang cukup efektif yakni dengan menggunakan bahan bakar Pertamax Plus sebagai bahan pembersihnya. Caranya pun cukup mudah,  Anda hanya cukup mencampurkan Pertamax Plus dengan minyak solar dengan perbandingan 1:2. Jika tidak ada minyak solar, tidak masalah, cukup menggunakan Pertamax Plus saja.

Jika sudah tecampur maka langkah selanjutnya adalah dengan mengoleskan campuran minyak solar dan Pertamax Plus (Pertamax Plus saja) tersebut pada bagian motor yang mulai menunjukkan adanya indikasi korosi atau karat. Kemudian, gosok dengan menggunakan sikat seperti sikat gigi atau sikat kawat. Sikat sampai bersih dan karat mengelupas. Lalu, lap dengan kain kering kemudian bilas menggunakan air bersih sampai bekas minyak atau Pertamax Plus tadi menghilang.

Oh iya Anda juga bisa menggunakan oli bekas untuk menghilangkan karat.  Karena, meskipun kondisi oli bekas sudah tak layak dan banyak menimbub berbagai kotoran namun kandungan dalam oli itu sendiri dinilai cukup efektif untuk membersihkan korosi pada beberapa komponen mesin motor.

Caranya juga tidak rumit. Yakni siapkan oli bekas pada wadah dan siapkan sikat kawat atau sikat gigi bekas.  Oleskan pada beberapa bagian komponen mesin motor yang terkena karat. Jika sudah terolesi semua secara merata, jangan langsung disikat dulu. Namun, hidupkan mesin motor selama 2 menit. Langkah ini cukup efektif dalam menghilangkan karat melalui panas mesin motor, oli akan membantu meluruhkan karat pada motor. Setelah dirasa semua karat sudah mengelupas maka langkah selanjutnya Anda tinggal menyikat bagian komponen mesin motor yang terolesi oli bekas tadi sampai bersih. Lalu bilas dengan air dan sabun agar oli bekas yang masih menempel bisa cepat hilang.

Di sisi lain, cara membersihkan karat pada mesin motor yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan air cuka.  Sebagaimana kita tahu bahwa cuka merupakan cairan yang dikenal ampuh dalam urusan membersihkan lemak pula. Namun, ternyata cairan cuka bisa digunakan untuk membersihkan karatan pada motor.  Caranya juga tidak rumit. Anda hanya perlu meneteskan air cuka beberapa tetes pada lap kering. Kemudian, oles dan usapkan pada bagian atau komponen yang terkena karat tadi. Jika sudah, diamkan sejenak sekitar 1 – 2 menit lalu sikat dengan menggunakan sikat gigi bekas maupun sikat kawat.

Lakukan hal ini berkali-kali jika karat masih sulit dihilangkan. Karena pada dasarnya air cuka akan berfungsi sebagai pembersih karat jika dilakukan berkali-kali, khususnya pada bagian yang terlanjut mengalami korosi parah.   Bagaimana? Cukup mudah dan simple kan?Nah, itulah beberapa langkah terbaik dari cara menghilangkan karat pada mesin motor yang sangat patut untuk Anda coba sendiri di rumah.

comments

`