caption trialgame

Tips Ampuh Rawat Kampas Rem!

Wednesday, 10 March 2021

Tips Ampuh Rawat Kampas Rem!


Kampas rem adalah bagian yang berkaitan langsung dengan sistem pengereman dan memiliki fungsi untuk membantu menekan piringan cakram agar ban bisa berhenti berputar. Tanpa kampas rem, maka pengereman bisa memakan waktu yang lama hingga kendaraan berhenti. Gak heran jika kemudian kampas rem Menjadi salah satu komponen yang memegang peranan penting. Lantas bagaimana sih cara merawat kampas rem agar selalu awet dan memiliki performa optimal saat akan digunakan? Sabar, ada ulasannya di bawah ini ya.

Yang pertama adalah membersihkan kampas rem secara rutin. Kampas rem sebaiknya rajin dibersihkan dengan rutin, terlebih jika motor baru saja melintasi hujan atau jalanan dengan genangan air maupun lumpur. Kampas rem yang rawan kotor ini jika tidak dibersihkan bisa mengganggu efektivitas kinerja kendaraan. Cara membersihkannya cukup dengan dibasuh menggunakan air bersih dan pastikan tidak ada pasir, debu, lumpur, atau kotoran lain yang masih menempel.

Setelah itu pastikan ada jarak antara kampas rem dengan piringan cakram. Hal ini bertujuan untuk menghindari gesekan antara dua komponen tersebut sebelum tuas rem digunakan. Jika jaraknya belum sempurna, Anda dapat mengaturnya sendiri dengan memutar roda ban. Bila ada gesekan, artinya posisi masih kurang tepat dan bisa dibenahi untuk mendapatkan posisi sempurna.

Oh iya pastikan juga ya bagian bearing motor selalu terlumasi. Bearing, laher, ataupun yang biasa disebut bantalan memiliki tugas untuk mengurangi gesekan dengan rumah as yang ada di pelek. Dengan itu, perputaran roda akan jadi lebih stabil dan lebih nyaman digunakan di jalan raya. Untuk perawatannya, pastikan bearing selalu dalam kondisi terlumasi dengan baik agar maksimal untuk digunakan.

Berkendara dengan hati-hati juga bisa membantu merawat kampas rem. Pengereman mendadak selain berbahaya juga bisa membuat kampas rem lebih cepat aus dan mengurangi usia pakainya. Untuk itu hindari rem pengereman mendadak ya agar kampas rem menjadi lebih awet.

comments

`