caption trialgame

Tips Dapatkan Handlebar Ideal!

Wednesday, 13 January 2021

Tips Dapatkan Handlebar Ideal!


Kadang karena suatu alasan, memaksa Anda untuk mengganti handlebar motor trail Anda. Ada yang karena patah, ingin tampil beda atau ingin mendapatkan performa lebih dari tunggangannya. Berbeda dengan spareparts yang langsung mempengaruhi perfoma mesin motor Anda, handlebar biasanya tergantung dari kesukaan dan preferensi masing-masing pengguna. Handlebar after market dengan harga yang murah bisa jadi berfungsi lebih baik ketimbang merk mahal dengan bahan baku titanium.

Lalu hal apa sih yang harus diperhatikan jika ingin membeli handlebar ? Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tinggi handlebar. Tinggi handlebar diukur dari mulai bawah tempat penjepit ke bodi motor hingga ujung tempat grip diletakan. Tinggi dari dari handlebar bisa disesuaikan dengan melonggarakan batang di ujung tempat penjepit bodi motor. Anda bisa mengatur handlebar menjadi lebih kebelakang atau kedepan.

Tingga badan amat berpengaruh dalam pemilihan handle bar. Jika anda memiliki tubuh yang lebih tinggi tentu ingin agar posisi handlebar lebih tinggi bukan? Sehingga posisi tubuh Anda saat menunggangi trail tidak membungkuk dan menyulitkan anda untuk melakukan manuvers.

Lebar sebuah handlebar diukur dari ujung kanan pegangan tangan ke ujung kiri pegangan tangan. Biasanya lebar dari ukuran handlebar ini berada dikisaran 80 cm. ada beberapa pabrikan yang mengeluarkan mini handlebar yang memiliki perbedaan 6cm lebih kecil.

Area handlebar yang menghubungkan dengan bodi motor anda biasanya disebut dengan Clamp Area. Di tempat ini anda bisa menambahkan beragam perangkat tambahan untuk meninggikan handlebar motor trail Anda hingga membuat nyaman dalam mengendalikan motor. Ketebalan dari clamp area ini terbagi dalam dua jenis yaitu 7/8 inci atau 1-1/8 inci.

Pada mulanya semua sepeda motor trail menggunakan ukuran 7/8 inci pada clamp areanya. Hingga akhirnya pada taun 1991, sebuah produsen parts merevolusioner handlebar dengan memproduksi handlebar ukuran 1-1/8 inci yang lebih besar.

Perbedaan dari kedua ukuran handlebar tersebut hanyalah pada kekuatannya. Jika anda lebih sering menunggangi trail anda pada medan yang berat, atau rutin turun dalam sebuah kompetisi. Akan lebih baik untuk memilih ukuran 1-1/8 inci yang lebih kuat. Anda tidak ingin jika handlebar Anda patah saat sedang berkompetisi bukan? Tidak hanya gagal finish, kerusakaan handlebar biasanya diiringi dengan cedera tubuh yang cukup berat. Handle bar ukuran ini juga mengurangi rasa lelah pada lengan anda.

 

comments

`