caption trialgame

Tips Dapatkan Jarak Bebas Tuas Kopling Ideal

Thursday, 16 January 2020

Tahukah Anda bahwa Anda bisa menyetel jarak bebas tuas kopling motor trail Anda sesuai dengan kebutuhan? Biasanya jarak bebas tuas kopling bisa disetel mulai 10 sampai 20 mm dari bagian ujung tuas.

Nah jikaAnda ingin menyetelnya, pertama-tama siapkan kunci ring 12 dan obeng minus. Lalu longgarkan mur pengunci tuas kopling menggunakan obeng.Langkah selanjutnya, putar ulir ketegangan kopling untuk mendapatkan jarak main yang tepat.

Sekadar saran, penyetelan jarak bebas kopling sebaiknya disesuaikan dengan panjang jari dan karakter berkendara Anda. Jika dirasa sudah menemukan settingan yang sesuai, kencangkan kembali pengunci tuas kopling agar posisinya tidak bergeser.

Namun sebaliknya, jika dirasa belum mendapatkan setelan yang sesuai, Anda bisa melakukan langkah kedua dengan menyetel mur yang berada dekat bak kopling.Caranya, buka kunci kabel kopling menggunakan kunci ring 12.Renggangkan tuas kopling, kemudian sesuaikan dengan handle kopling atas untuk mengatur jarak bebasnya. Jika dirasa sudah cukup, kencangkan kembali penguncinya.

Biasanya, jika jarak bebas kopling terlalu dekat, tiap perpindahan gigi akan terasa keras, karena kampas tidak bebas secara maksimal.Sementara jika jarak bebas kopling terlalu jauh, motor berisiko selip dan jadi tidak responsif.

Namun pada saat tertentu kerap kopling motor yang biasa berada pada stang sebelah kanan terasa berat dan agak tersendat sehingga performa motor kerap tak sesuai dengan keinginan. Karena itu pemotor perlu memperhatikan kopling agar tidak terganggu saat berkendara.

Oh iya penyebab kopling keras dan berat ada beberapa faktor, diantaranya kabel kopling yang sudah berumur. Selain itu, air yang masuk ke dalam selongsong kabel kopling yang akan membuat karat dan bikin seret. Hal ini sangat terasa karena kabel kopling keras dan berat di akibatkan oleh kabel pedal kopling yang telah berserabut. Untuk itu, kabel kopling motor perlu diganti.

Bagi yang mengalami tarikan kopling terasa keras tanpa melakukan pengubahan pada setingan, maka cara menyetel kopling motor adalah dengan melumasi kabel kopling adengan minyak khusus atau melakukan penggantian kabel kopling.

Jangan lupa melumasi juga tuas kopling menggunakan oli sehingga kopling semakin enak untuk ditarik saat melakukan manuver. Melakukan ubahan pada tuas kopling bawah (yang di blok mesin) dengan memanjangkan tuas tersebut. Cara mengatur panjang sulur kabel kopling bisa dengan memutar pengaturan pada handle kopling di holder stang kiri atau mengatur baut pada kabel kopling di dekat blok mesin sebelah kanan.

comments

`