caption trialgame

Tips Hadapi Lintasan Berdebu

Tuesday, 10 September 2019

Hujan seolah masih enggan menyapa sebagian besar wilayah Indonesia. Imbasnya kekeringan banyak terjadi dimana-mana, termasuk lintasan yang biasa digunakan untuk berpetualanga. Apa sih dampaknya? Yang jelas jika saat musim hujan lintasan tersebut berlumpur makan di musim kering ini bersiap untuk disapa oleh jumlah debu yang biasanya akan menguji Anda.

Mengendarai motor trail di medan berdebu bisa berakibat kurang baik pada motor trail atau diri Anda sendiri. Biasanya pada lintasan balap motocross, jika musim kering tiba akan ada sesi penyiraman pada lintasan. Sehingga debu tidak beterbangan disepanjang sirkuit. Namun hal ini tentu tidak akan terjadi pada lintasan offroad, jadi Anda harus bersiap menghadapi lintasa berdebu.

Debu yang tebal sudah pasti akan menghalangi pandangan Anda, belum lagi jika debu tersebut masuk ke mata atau tertelan. Motor trail Anda pun akan mengalami akibatnya jika langsung terpapar debu. Nah lantas apa saja sih yang harus dipersiapkan jika ternyata lintasan yang akan Anda lalui dipenuhi dengan debu. Simak ulasan berikut ini ya.

Yang utama tentu saja menggunakan peralatan keselamatan. Gunakan goggles untuk menghalau debu-debu yang beterbangan tapi hindari penggunaan goggles yang memiliki fitur tear off ya. Debu akan menempel lebih mudah menempel pada lensa goggle karena lapisan tear off yang lengket. Baiknya memang menggunakan helm full face, tapi bukan berarti helm jenis tidak bisa kemasukan debu juga lho. Gunakan juga masker, sapu tangan atau bandana untuk menutup bagian mulut Anda ya. menelan debu yang bercampur pasir adalah salah satu pengalaman yang tidak mengenakan.

Nah untuk motor trail Anda sendiri kami sarankan untuk membawa ekstra filter udara. Debu akan mudah masuk ke sela-sela filter, jadi jika Anda berencana pertualang dalam durasi yang lama, kami sarankan untuk mengganti filter ditengah perjalanan ya. Filter udara yang bersih akan menjaga bagian dalam mesin tetap bersih serta menjaga terjadinya masalah seperti kehilangan tenaga dan akselerasi.

Oh iya gunakan pelumas rantai yang berkualitas ya, karena debu sudah pasti akan menempel pada bagian ini. aplikasikan pelumas sebelum berpetualang, jika perlu diulang dua kali agar memberikan perlindungan ekstra. Jangan lupa untuk segera membersihkan bagian ini ya, segera setelah selesai berpetualang. Jika Anda memiliki wax atau sejenis pelapis untuk body plastik motor trail, kami sarankan untuk menggunakannya. Karena cairan ini membuat debu tidak menempel langsung pada body. Anda tinggal menggunakan lap kering untuk membersihkan debu yang menempel.

Kami sarankan untuk berpetualang di pagi hari karena biasanya lintasan belum banyak dilalui oleh pengendara lain, sehingga debu belum terlalu banyak betebaran. Jangan lupa juga untuk mengecek arah angin, karena mengendarai motor trail melawan arah angin sama saja dengan masuk ke dalam pusaran debu. Jangan lupa beristirahat jika lelah ya dan tetap ingat rehidrasi.

Image credit : motosport.com 

comments

`