caption trialgame

Tips Hemat Bahan Bakar Saat Arus Balik!

Tuesday, 3 May 2022

Tips Hemat Bahan Bakar Saat Arus Balik!


Oke udah puas kan ya pulang kampungnya? Kini saatnya kembali ke kota untuk bersiap menghadapi aktivitas rutin yang segera dimulai minggu mendatang. Buat Anda yang mudik menggunakan motor trail Anda, tentu harus kembali dengan tunggangan Anda bukan?

Menggunakan motor trail untuk perjalanan jauh cukup merogoh kocek Anda bukan ? Apalagi jika motor trail Anda menggunakan bahan bakar pertalite yang belum lama ini mengalami kenaikan harga  yang cukup signifikan. Nah ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghemat konsumsi bahan bakar pada motor trail Anda lho, hal ini amat sangat berguna apalagi jika menempuh jarak yang cukup jauh. Penasaran kan ? simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah selalu cek tekanan udara motor pada ban trail Anda. Karena jika ban kurang tekanan angin maka tarikan akan menjadi berat yang mengakibatkan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Jangan gunakan tekanan udara layaknya saat trabasan karena sudah pasti akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros, dan berbahaya jika dilakukan di jalanan aspal.

Kemudian operasikan gas dan rem secara perlahan. Usahakan menarik tuas gas secara perlahan dan menjaga kecepatan degan konstan agar suplai bensin ke ruang bakar menjadi irit. Ini memang agak sulit dilakukan karena memerlukan waktu untuk membiasakan diri ya.

Nah yang ketiga adalah jangan membawa beban yang terlalu berat ya. Momen mudik memang hanya setahun sekali, tapi bukan bearti Anda harus membawa beragam macam perlengkapan yang tidak diperlukan ya, belum lagi list pesanan oleh-oleh untuk teman, kerabat dan handai taulan di rumah nanti.  Maklum saja jika salah perhitungan beban yang dibawa motor bisa overload sehingga kerja mesin menjadi berat, lalu penggunaan bahan bakar juga makin banyak. Anda bisa menggunakan jasa pengiriman atau expedisi untuk memudahkan kinerja motor Anda lho, memang ada biaya ekstra tapi perjalanan Anda menjadi aman dan nyaman. Nah semoga tips ini bisa membuat perjalanan balik Anda menjadi lebih baik ya.

comments

`