caption trialgame

Tips Memilih Bahan Decal Motor Trail

Wednesday, 20 February 2019

     Salah satu hal yang membuat motor trail Anda berbeda dengan yang lain adalah tampilan fisik. Dengan tampilan fisik yang berbeda, motor trail Anda akan lebih mudah dikenali dari kejauhan. Ada dua cara untuk merubah atau memodifikasi tampilan fisik motor trail. Yang pertama adalah dengan menambah beragam asesoris tambahan, dan yang paling populer adalah dengan menembel decal atau stiker yang sudah dipersonalisasi untuk motor trail Anda sendiri.

     Layaknya beragam hal yang ada di motor trail, decal yang menempel pada motor trail pun harus tahan banting, maklum saja lintasan yang dihadapai oleh motor trali biasanya adalah lintasan berat yang memiliki beragam rintangan. Gak heran jika kemudian ada beberatuan arau ranting yang membaret bodi motor trail, kemudian meninggalkan bekas pada decal tadi.

     Decal yang digunakan untuk motor trail yang biasa melakukan adventure atau lomba motocross biasanya memiliki bahan khusus sejenis resin yang dilengkapi dengan lapisan pelindung setebal 0,4 milimeter. Decal jenis ini biasanya mempunyai ketahanan terhadap gesekan, kekuatan lem terutama di bagian cekungan dan ketahanan terhadap tinta agar tidak pudar serta elastisitas bahan. Karena kekhususan tadi, maka tak heran jika harga decals ini cukup mahal. Untuk trail 125 cc ke atas mencapai Rp 2,25 juta.

     Jika dirasa terlalu mahal, ada pula decal resin yang memiliki lapisan pelindung yang lebih tepis. Memiliki semua fitur yang sama tapi dengan lapisan pelindung yang tidak sebaik yang pertama. Harga yang ditawarkan juga hanya separuh dari harga decal resin termahal.

     Lantas bagaimana jika motor trail hanya digunakan untuk harian saja? jangan khawatir ada jenis decal yang cukup terjangkau kok. Dengan menggunakan bahan dasar Ritrama atau Oracal yang lebih tipis, decal jenis hanya memiliki harga jual pada kisaran 500 ribuan saja. Namun daya tahan tentu tidak bisa dibandingkan dengan yang decal resin tadi. Oh iya bahan ini juga memiliki lapisan pelapis, namun hanya berupa pvc transparan saja. yang tentu jika terkena dampak benturan tidak memiliki ketahanan yang serupa dengan decal resin. Nah jadi sesuaikan tipe decal pilihan Anda dengan kebiasaan mengendarai motor trail ya.

comments

`