caption trialgame

Tips Motoran Di Tengah Badai!

Wednesday, 4 January 2023

Aman Di Tengah Terjangan Badai


Hingga beberapa waktu ke depan, Indonesia diprediksi mengalami cuaca ekstrem dengan curah hujan yang cukup tinggi.  Merangkum berbagai sumber, Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB mengingatkan warga yang berada di beberapa titik untuk tidak bepergian saat cuaca ekstrem. Namun mengingat kebutuhan dan rutinitas, maka sulit bagi sebagian orang untuk mematuhinya. Nah buat Anda yang memang harus bepergian dengan menggunakan motor saat situasi badai, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan agar perjalanan Anda tetap aman. Simak ulasan kami ya.

Yang pertama adalah jangan lupa untuk menyalakan lampu motor Anda. Memang lampu motor saat ini sudah otomatis nyala saat mesin dinyalakan, namun bagi yang tidak memiliki fitur ini kami ingatkan untuk menyalakannya ya. Ketika hujan lebat, jarang pandang kita menjadi terbatas sehingga menyalakan lampu kendaraan menjadi hal yang sangat penting.  Selain membantu agar bisa melihat lebih leluasa, sinar lampu juga menjadi tanda bagi pengendara lainna agar lebih hati-hati karena ada kendaraan yang sedang melintas.

Setelah itu turunkan kecepatan kendaraan sekitar 20 persen atau umumnya menjadi 20-30 km per jam. Hujan deras juga membuat kondisi jalanan lebih licin dari biasanya sehingga kendaraan lebih sulit dikendalikan. Usahakan untuk tetap tenang dan fokus meskipun cuaca sedang tak bersahabat. Minum selalu air putih untuk menyegarkan kondisi tubuh dan selalu pantau perkembangan melalui situs resmi pemerintah seperti BMKG.

Oh iya mohon perhatikan jas hujan yang dipakai agar tak membahayakan diri sendiri maupun pengendara lainnya. Jas hujan yang terlalu panjang akan berkibar dan berpotensi menimbulkan bahaya, seperti terbelit di rantai motor atau bahkan terinjak pengendara sepeda motor lain yang sedang melintas.

Jika hujan dirasa terlalu lebat dan sulit ditembus, jangan paksakan diri. Hentikan perjalanan sejenak dan carilah tempat yang aman. Hindari tempat berbahaya seperti sekitaran papan reklame atau pohon besar.  Perlu diperhatikan sekali lagi, jangan memaksa bepergian jika tidak dalam kondisi darurat karena keselamatan kita adalah yang utama. Tunggu hingga hujan mereda dan lakukan aktivitas di jalan raya seperti biasa.

comments

`