caption trialgame

Tips ‘Rahasia’ Bikin Awet Aki Motor

Thursday, 17 December 2020

Tips ‘Rahasia’ Bikin Awet Aki Motor


Aki pada motor trail adalah salah satu komponen yang penting,  oleh karen agar tetap awet dan berumur panjang, maka Anda harus merawat dan memperhatikan kebersihan aki. Aki berfungsi sebagai penyuplai aliran listrik dan memiliki 2 macam jenis, yaitu basah dan kering, dan melalui artikel ini kami akan membagikan beberapa tips agar aki tetap awet karena peran aki amat penting dalam berkendara, apalagi jika motor trail Anda tidak memiliki kickstarter.

Tips perawatan aki pertama adalah memanaskan motor setiap hari. Meski tidak dipakai, motor sebainya tetap dinyalakan agar komponen yang mendukung kelistrikan tetap dalam kondisi baik.Kedua, cek terminal aki dan dibersihkan. Jika tidak dibersihkan, kedua terminal aki bisa berkerak dan penyaluran energi pun tidak maksimal. Terminal aki yang kotor juga bisa memicu aku jadi lebih cepat soak.

Jangan lupa untuk mengecek ketinggian air aki jika Anda menggunakan aki basah.  Mengecek dan mengisi air aki kabarnya kerap dilupakan, padahal sangat berpengaruh terhadap performa motor. Kemudian, yang terakhir, disarankan untuk menghindari penggunaan aksesori berlebihan pada motor. Aksesori berlebihan yang menggunakan energi listrik antara lain seperti lampu lain sebagai hiasan, perangkat audio rakitan, serta tipe klakson motor diubah jadi melebihi batas yang dianjurkan.

Oh iya waspadai juga ya tanda aki mulai melemah, hal ini amat penting apalagi jika motor trail Anda menggunakan sistem injeksi. Biasanya aki yang mulai lemah menimbulkan beberapa gejala aneh yang perlu Anda ketahui.  Salah satu gejala umum yang terlihat adalah lampu panel instrumen yang mulai redup atau muncul kedipan lampu check engine di motor.

Kalau belum parah, gejalanya bisa didengar saat motor kondisi langsam. Kalau putaran gas naik turun atau seperti berdenyut ini sudah pertanda aki lemah. Sebab kalau sudah parah, motor tidak lagi bisa dihidupkan meski dibantu menggunakan kick starter atau cara diengkol.

Nah Itu tadi beberapa tips membuat aki motor trail  tetap dalam performa yang baik dan berumur panjang.  Jangan lupa untuk selalu cek dan ricek sebelum berkendara untuk meminimalisir kerugian dan kerusakan ya.

comments

`