caption trialgame

Tips Rubah Motor Bebek Jadi Supermoto!

Thursday, 24 March 2022

Tips Rubah Motor Bebek Jadi Supermoto!


Genre Supermoto memang salah satu genre modifikasi yang paling diminati di Indonesia. Banyak penggemar motor yang merubah motor mereka menjadi supemoto, bahkan saking populernya hingga dibuatkan beragam macam kompetisi dan salah satu yang paling bergengsi adalah Trial Game Asphalt.

Nah ada beragam jenis motor yang biasa digunakan sebagai basic atau bahan dari supermoto, tapi tahukah Anda ternyata sepeda motor jenis bebek merupakan salah satu yang paling populer lho.  Kalo Anda memiliki motor jenis ini dan memutuskan untuk merubahnya menjadi supermoto ada beberapa hal yang harus diperhatikan, jangan hanya terlihat keren tapi ternyata membahayakan saat digunakan ya.

Umumnya, untuk merubah motor bebek menjadi model supermoto bagian suspensi depan juga belakang harus diubah. Hal ini dilakukan agar, keseimbangan motor tetap ada. Untuk penggunaan suspensi baiknya gunakan suspensi limbahan dari motor Special Engine (SE). Alasannya, mengambil suspensi limbahan dari motor special engine itu lebih kuat. Karena memang pada dasarnya, suspensi digunakan pada motor yang memang awalnya merupakan motor jenis trail atau supermoto.

Jika menggunakan suspensi after market biasanya tidak akan awet. Apalagi, produk yang digunakan tidak jelas merek maupun bahan baku yang digunakan. Hindari menggunakan part aksesoris penambah tinggi suspensi. Part aksesoris seperti ini tidak terjamin kekuatan dan keamanannya. Bisa saja saat motor digunakan, part aksesoris ini patah.

Anda juga harus menggati velgti dengan velg dan ban yang ukurannya lebih besar dari pada bawaan standarnya. Untuk penggunaan velg, biasanya menggunakan velg jenis jari-jari. Pilihlah velg dengan bahan yang berkualitas, dan jangan menggunakan velg yang terlalu besar dan berat.Ini berpengaruh ke kinerja mesin, jangan sampai mesin kamu terganggu performa nya karena beban roda yang terlalu berat. Untuk jari-jari, juga jangan asal dalam memilihnya. Gunakan jari-jari yang memiliki kualitas baik. Jika perlu gunakan jari-jari untuk motor jenis trail. Sementara untuk penggunaan ban, gunakan ban yang sesuai jangan terlalu besar dan juga terlalu kecil. Pastikan ban yang digunakan pas dan sesuai dengan ukuran velg yang digunakan.

Pada umumnya, untuk merubah total motor bebek jadi model supermoto Anda harus merelakan rangka motor dipotong-potong. Ini dilakukan untuk melakukan penyesuaian pada bentuk dan part bodi yang akan digunakan. Jika bermaksud suatu waktu mengembalikan bentuk motor ke awalnya, baiknya jangan lakukan modifikasi secara total. Jika Anda ingin merubah total bentuk motor bebek jadi model supermoto, tentunya harus mengganti part bodi motor yang sesuai. Pastikan menggunakan part bodi after market dengan bahan fiber, hindari menggunakan bodi motor after market yang terbuat dari bahan plastik.

Part bodi motor after market dari bahan fiber, bisa dipastikan lebih kuat ketimbang yang terbuat dari bahan plastik. Pastikan part bodi terpasang dengan kuat, hindari memasang part bodi hanya dengan menggunakan cable ties (pengikat kabel).

Penggantian gir sprocket bisa dilakukan dengan beberapa opsi, di antaranya mengganti sprocket belakang dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran standar, mengganti sprocket depan dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran standar, atau malah kombinasi dari keduanya. Fungsi dari penggantian sprocket ini sebenarnya untuk menaikkan rasio gir. Semakin tinggi rasio gir, akselerasi akan semakin bagus, tapi berimbas pada top speed motor yang berkurang. Selain itu, jika rasio gir terlalu tinggi juga akan membuat motor lebih boros bahan bakar. Tapi perlu diingat ya, menaikkan rasio gir secara drastis memang bisa meningkatkan akselerasi, tapi sekaligus memangkas top speed secara signifikan dan membuatsupermoto menjadi lebih boros bahan bakar. Nah jika sudah mantab ingin punya supermoto dengan basic motor bebek, panduan di atas rasanya sudah lengkap. Namun jika ingin lebih mantab tentu basicnya sebaiknya motor trail ya.

 

comments

`