caption trialgame

Tool Kit Ini Wajib Dibawa Saat Pulang Kampung!

Tuesday, 26 April 2022

Tool Kit Ini Wajib Dibawa Saat Pulang Kampung!


Melakukan perjalanan jauh saat mudik ke kampung halaman di liburan lebaran ini seolah sudah menjadi agenda penting bagi sebagian besar orang. Untuk mereka yang mudik dengan menggunakan motor trail kesayangan, selain kesiapan fisik, perlengkapan berkendara dan sepeda motor, menyiapkan tool kit adalah hal yang krusial.

Tidak sedikit pemudik  yang lupa membawa kunci-kunci dan cenderung menggampangkan. Padahal membawa tool kit standar saat mudik sangat membantu jika motor mengalami masalah teknis di jalan. Bisa dibilang tool kit adalah pertolongan pertama ketika motor trouble atau mogok di jalan. Nah ada 7 perkakas penting yang wajib dibawa jika mudik. Penasaran apa saja kan ? simak ulisannya yuk.

Yang pertama adalah kunci busi. Jika motor mogok atau mati mendadak maka hal pertama yang dicep biasanya adalah bagian pengapian melalui busi. Nah untuk membuka busi perlu kunci khusus, oleh karena itu jangan lupakan piranti ini ya. 

Kemudian jangan lupa untuk membawa dua buah obeng yaitu obeng plus berukuran sedang dan obeng minus. Piranti ini berguna untuk membuka baut atau skrup yang ada di bodi motor untuk menyetel stasioner atau idling dan pengecekan baut saluran bahan bakar. Siapkan pula, tang potong dan longnose. Alat ini untuk membuka atau memasang sambungan rantai, memotong serta mengupas kabel, membuka baut yang slek dan menjepit klem. Dalam keadaan emergensi dapat difungsikan juga sebagai pengganti tangan ketika harus memegang kuat mur atau baut yang dikencangkan khususnya saat mesin motor panas, tentu untuk membuka koil akan sulit tanpa menggunakan alat bantu.

Jangan lupa membawa satu set kunci L hexagonal atau bintang. Alat ini diperlukan karena sebagian besar motor ada yang mengharuskan menggunakan kunci L untuk membuka beberapa bagian tertentu. Membawa  pompa angin portable, dengan ukuran mini adalah hal yang multak. Alat ini mudah dibawa dan dapat dipakai ketikan ban kendaraan kurang angin sebelum mendapatkan pompo angin khusus.

Siapkan juga kunci pas ukuran 10 x 12 dan 14 x 17. Fungsi dari alat ini adalah untuk mengencangkan dan melepas baut dan mur yang berbentuk segi enam atau kotak saja, menempel pada bagian sepeda motor yang tidak terlalu kuat momen pengencangannya. Dan yang terakhir adalah kunci ring hexagonal 24 mm. Kegunaan kunci ini salah satunya adalah untuk menjangkau bagian yang sempit pada sepeda motor tipe Sport. Daya cengkram kunci ring jauh lebih kuat untuk membuka atau mengencangkan baut atau mur dengan maksimal. Nah siapkan dulu semuanya sebelum mudik ya.

comments

`