caption trialgame

TRABASAN? 'BODY' WAJIB DIAMANKAN!

Thursday, 17 November 2022

Lengkapi Safety Gear Saat Trabasan


Belum lama ini, seorang pengendara motor trail meninggal dunia saat terjatuh dari tunggangannya ketika berpetualang di lintasan pasir Gunung Bromo. Umur memang sudah menjadi takdir dari Sang Pencipta, namun sebagai manusia, kita tetap harus wajib melakukan usaha maksimal untuk menghindari bertemu lebih cepat dengan malaikat maut.

Nah untuk melindungi Anda dari kegiatan ekstrim trabasan, tentu lebih baik jika Anda melakukan persiapan dengan optimal dan menggunakan alat pengamanan yang sesuai dengan standar. Apa saja sih perlengkapan keamanan atau safety gear yang minimal harus dimiliki saat trabasan? Kami akan membedahnya menjadi lima perlengkapan ya, simak ulasannya.

Yang pertama dan yang paling penting tentu saja adalah helm. Perlengkapan berkendara yang satu ini sangatlah penting baik untuk berkendara onroad maupun offroad. Khusus untuk berkendara di jalur offroad, helm yang digunakan adalah helm cross yang memiliki bentuk lebih panjang pada bagian rahang dan bagian atas yang di desain untuk memiliki fungsi masing-masing. Bagian rahang dibuat lebih panjang bertujuan agar mempermudah pengendara bernafas dengan siruklasi udara yang lebih baik namun tetap melindungi bagian rahang. Pada bagian atas atau pet cross berfungsi untuk melindungi tubuh dari ranting pohon ataupun benda lainnya yang dapat membahayakan wajah pengendara.

Oh iya jika Anda menggunakan helm tanpa visor, amat sangat penting untuk menggunakan goggle goggle pada helm berfungsi untuk melindungi mata kontak langsung dengan benda yang berbahaya. Berfungsi sama seperti visor pada helm pada umumnya, namun goggle dibuat terpisah karena bertujuan untuk mempermudah pengendara bernafas secara bebas dengan kondisi di jalur offroad yang tidak dapat di prediksi sehingga dapat mengurangi kemungkinan munculnya embun pada kaca visor/ goggle yang dapat menganggu visibilitas pengendara.

Jangan lupa melengkapi diri dengan sarung tangan ya. Sarung tangan yang digunakan sebaiknya menggunakan sarung tangan khusus untuk offroad dengan bahan kain di bagian atas dan berbahan kulit di telapak tangannya. Hal ini bertujuan untuk membuat pengendara lebih leluasa dalam menggerakkan jari-jarinya.

Anda bisa menggunakan sepatu apa saja saat trabasan, tapi boots offroadi adalah perlengkapa terideal jika berbicara mengenai sepatu. Sepatu yang digunakan untuk berkendara di jalur offroad sebaiknya menggunakan sepatu berjenis cross atau boots karena akan melindungi bagian telapak kaki hingga betis dari benda-benda keras di jalur offroad dan juga melindungi kaki pengendara jika tertimpa oleh motor jika terjatuh.

Dan yang terakhir adalah body protector. Body protector yang harus digunakan oleh offroader adalah protector pada bagian dada, leher, sikut, dan lutut. Semua bertujuan untuk melindungi pengendara dari benda-benda keras ketika berkendara di jalur offroad. Nah jadi jangan anggap sepele yang perlengkapan keamanan saat trabasan.

 

 

comments

`