caption trialgame

Tuntas Bikin Blok Mesin Kembali Kinclong

Thursday, 29 October 2020

Tuntas Bikin Blok Mesin Kembali Kinclong


Ayo mengaku, siapa yang biasanya hanya fokus pada tampilan bodi motor saja saat membersihkannya? Padahal kebersihan pada blok mesin juga penting lho.Terlebih blok mesin merupakan komponen vital pada motor trail Anda. Kalau blok motor dibiarkan kotor, bukan cuma masalah tampilan yang menganggu. Potensi karat juga menghantui. Hal ini biasanya muncul setelah melewati jalan becek. Kemudian pasir dan lumpur mengendap di blok mesin.

Di samping karat, blok mesin yang kotor pun sulit untuk dicek kondisinya. Anda sulit untuk membedakan antara kotoran dan rembesan oli. Bila ada retak di blok, pun jadi tidak kelihatan.  Padahal bahaya kalau membiarkan oli bocor sampai lama. Efeknya komponen mesin tidak terlumasi dengan baik. Kemudian cepat aus. Paling parahnya bisa turun mesin. Maka untuk melakukan pencegahan, ada baiknya selalu menjaga blok mesin motor tetap bersih. Tujuannya supaya bila ada masalah, dapat terlihat mudah secara kasat mata. Tenang, kami akan memberikan tips agar mudah membersihkan blok mesin dengan sempurna.

Yang pertama adalah menyiapkan peralatan terlebih dahulu. Pastikan Anda telah menyiapkan sikat gigi, kuas cat, mangkok plastik, bensin, sabun cuci piring dan amplas halus. Cara memberishkan blok mesin adalah dengan mencuci keseluruhan motor terlebih dulu. Hal tersebut dimaksudkan agar debu ringan, pasir, dan lumpur tidak lagi menempel. Alhasil tugas selanjutnya tinggal membersihkan kerak-kerak, karat, dan noda air.

Setelah itu campur bensin dengan cairan pembersih piring. Khusus bensin, bisa diambil dari tangki motor. Copot selang bensin sebentar untuk mendapat kurang lebih setengah gelas. Kemudian  masukkan bensin tersebut ke wadah mangkok plastik. Campurkan bensin tersebut dengan cairan pembersih piring. Selanjutnya aduk pakai kuas cat sampai menyatu. Percayalah cairan pembersih piring tidak cuma mampu membersihkan lemak di peralatan makan.  Kerak-kerak di blok mesin motor juga bisa dibersihkan.Sebenarnya ada beberapa alternatif bahan yang juga dapat digunakan. Jika tidak memiliki sabun cici piring, bisa pakai sabun cuci baju, dan pembersih lantai kamar mandi. Lalu untuk menggantikan bensin dapat pakai cuka.

Cara memberihkan blok motor selanjutnya, kuas campuran bensin dan cairan pembersih ke blok motor secara merata. Pastikan cairan itu masuk juga ke sela-sela. Anda bisa gunakan sikat gigi untuk menyapu bagian yang sulit dijangkau. Diamkan beberapa saat. Kemudian barulah kuas lagi sampai bersih. Bila kotorannya membandel, lakukan sapuan dengan lebih kuat dan berulang. Kalau kerak dan noda air benar-benar membandel, memang tidak bisa langsung besih.

Anda wajib memberi sapuan berulang. Ingat, dalam proses ini jangan sampai ikut menyapu bodi motor. Tentu kalau dilakukan bakal sangat berbahaya. Cat bodi motor bisa terkelupas. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan beroperasi hanya di sektor mesin dan knalpot saja yang berbahan metal.

Usai semua itu dilakukan, cara membersihkan blok motor selanjutnya adalah dengan menyiram air bersih. Setelah dilakukan, pastinya langsung terlihat kalau noda air dan kerak mulai hilang di sebagian tempat. Wujud asli blok mesin yang mengkilap bakal terlihat jelas. Hanya saja, mungkin ada beberapa komponen yang masih berkerak. Anda bisa mengulangi langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Bila cara membersihkan blok mesin tersebut sudah dilakukan semua, namun ada karat membandel maka siapkan amplas halus ukuran  400 dan 100. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam proses ini, kehati-hatian. Kalau amplas sampai terlalu kuat digosok, bisa menyebabkan goresan di blok mesin. Sebelum dipakai Anda  bisa celupkan amplas ke air yang sudah berisi cairan cuci piring terlebih dulu kemudian gosok bagian berkarat secara perlahan. Sesudahnya, seka sisa-sisa kotoran dengan menggunakan lap kering.  Nah jika dirasa masih belum bersih Anda bisa mengganti ke amplas ukuran 400 untuk hasil lebih optimal.  Prosesnya memang perlu kesabaran, terlebih kalau ada karat di sela-sela blok mesin. Meski demikian, hasilnya setelah dipoles pasti bakal sangat memuaskan.

Untuk langkah terakhir Anda bisa menambahkan metal polish agar blok mesin terlihat lebih mengkilat.

Caranya juga mudah, cukup tuangkan cairan tersebut ke kain kering dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, kemudian poles seluruh blok mesin motor secara perlahan dan merata. Perlahan saja, sampai benar-benar bersih.

Jika Anda memiliki waktu kami sarankan untuk secara rutinmembersihkan blok mesin motor supaya tidak sampai muncul noda air, kerak, dan karat. Pembersihan rutin disarankan sehabis pemakaian di bawah hujan atau setelah melewati banjir atau setelah beroffroad ria.

 

comments

`