caption trialgame

Ubahan Baru Motor Adventure Mesin Besar!

Wednesday, 1 September 2021

Ubahan Baru Motor Adventure Mesin Besar!


Menjelang akhir tahun, beragam pabrikan motor mulai berlomba memperkenalkan produk-produk terbaru mereka untuk tahun perilisan 2022. Dan salah satu pabrikan yang belum lama ini meluncurkan tiper terbau dari motor flagship mereka  untuk segmen adventureadalah Honda. Pabrikan asal jepang ini meluncurkan duta tipe terbaru untuk tahun 2022 yaitu Honda CRF1100L Africa Twin dan CRF1100L Africa Twin Adventure Sport dan yang menariknya keduanya  mendapatkan update cukup signifikan dibandingkan edisi sebelumnya.  Setidaknya terdapat 4 bagian yang berubah secara signifikan, apa saja sih perubahannya? Simak ulasannya ya.

Yang pertama kali terlihat berbeda tentu saja adalah winshield yang lebih kecil. ya melihatnya bagian bodi depan dari model Honda CRF1100L Africa Twin 2022 ini terlihat lebih ringkas. Itu karena tak ada lagi windscreen yang menjulang tinggi. Gantinya adalah penahan angin dengan ukuran yang pendek, namun memiliki 5 setelan yang bisa diatur sendiri. Honda menyebutkan, perubahan ini agar visibilitas pengendara bisa lebih baik.

Jika sebelumnya hanya tipe Dual Sport saja yang punya rak belakang sebagai standar, kini semua tipe sudah mendapatkannya. Jadi tinggal pasang boks belakang sudah bisa punya ruang untuk membawa barang. Untuk bagian striping, memang secara desain  tak banyak berubah, tapi penampilan dua tipe Honda CRF1100L Africa Twin ini semakin gahar. Grafis striping retak-retak menambah kesan motor adventure yang tangguh dan kuat. Logo Africa Twin pun dibuat semakin besar, sebagai identitas motor.

Nah perubahan signifikan rasanya berada pada bagian transmisi. Bagian pertama yang kena revisi adalah transmisi kopling ganda alias DCT. Pada versi 2022, Honda melakukan penyempurnaan pada gigi 1 dan gigi 2 agar perpindahannya lebih halus, pada saat mulai berjalan dan saat kecepatan rendah. Transmisi DCT motor ini memiliki 6 gigi yang akan berindah otomatis, menyesuaikan mode yang digunakan. Ada model MT (Manual), D (Drive) dan S (Sport).

Pada mode S memiliki 3 level yang membedakan respon perpindahan gigi yang akan memberikan sensasi berkendara agresif.Mode MT yaitu perpindahan transmisi dilakukan secara manual dengan menekan tombol + dan -. Mode D cocok untuk berkendara santai dan mode S untuk berkendara sporty dengan putaran mesin yang menggantung tinggi. Untuk opsi transmisi manual 6 percepatan, tak ada perubahan pada transmisinya. Tipe manual ini layaknya mengendarai motor sport kopling manual biasa, yang penyaluran tenaganya dikendalikan oleh rider.

Belum ada kabar memang kapan dua motor jenis ini bakal beredar di tanah air, tapi jika melihat model sebelumnya sempat hadir di pasar Indonesia, rasanya bukan hal yang mustahil jik Honda percaya diri menghadirkan motor bermesin besar untuk pasar lokal Indonesia.

 

comments

`