caption trialgame

Ubahan Ideal Tampil di Ajang Supermoto

Tuesday, 9 April 2019

   Memodifikasi sepeda motor rail menjadi supermoto sama halnya dengan merombak kendaraan apa pun. Tidak ada batas atas dana yang dibutuhkan agar menjadi seperti yang diiinginkan. Semakin banyak yang Anda rubah, semakin banyak pula yang Anda rasakan kurangan.

   Sebenarnya berapa sih biaya yang harus dikeluarkan agar motor trail Anda layak tampil dalam sebuah kejuaraan supermoto? Yuk simak ulasan kami ya.

   Hal pertama yang harus diganti tentu adalah ban dan pelek motor trail, maklum saja ukuran ban supermoto sedikit lebih kecil dan memerlukan jenis ban yang berbeda dengan motor trail. Anda harus menyiapkan dana minimal 5 juta rupiah agar bisa mendapatkan ban dan pelek yang memiliki performa cukup bagus saat dibawa berlomba.

   Setelah itu siapkan dana sekitar 3 sampai 5 juta rupiah, untuk mengganti swing arm motor trail, dan jangan lupa untuk lengkapi pula shockbreaker depan dengan model upside down yang biasanya menelan biaya hingga 8 juta rupiah. Sampai disini, urusan kaki-kaki motor trail selesai.

   Lanjut ke langkah berikutnya, yaitu mengganti handle bar dengan handle bar balap yang lebih ringan. Dana yang perlu dikeluarkan sekitar satu juta rupiah. Dan yang terakhir adalah mengganti knalpot agar performa mesin ikut terangkat. Jika ingin menggunakan merk lokal biasanya angka 2 sampai 4 juta sudah mendapatkan kualitas yang bagus. Namun jika ingin menggunakan merk import, dana minimal 5 juta harus Anda sisihkan.

   Jika masih ada dana, pemasangan aksesori tambahan macam lampu, bodi-bodi, atau spion dan lainnya bisa Anda lakukan, tapi asesoris seperti ini tidak akan memberikan pengaruh pada performa motor, hanya mempercantik tampilan saja. Dari uraian di atas, rasanya dana minimal 20 juta rupiah, harus Anda siapkan jika ingin tampil total dalam ajang lomba supermoto.

   Lantas bagaimana jika budget minim? Jangak khwatir, Anda cukup fokus pada bagian kaki-kaki motor trail saja kok. Memang cuma kaki-kaki yang membedakan supermoto dengan trail biasa. Kalau minim budget, solusinya dimaksimalkan di sektor ini

   Lantas bagaiman penerapannya? Kami berpendapat bahwa lebih baik mengorbankan ban untuk membeli velg yang berkualitas baik. Alasannya, velg bagus, tidak gampang rusak. Sementara ban cepat abis dan bakal sering mengganti. Pemakai supermoto itu rata-rata merasa pede jadi jika ada lubang main hajar. Nah, velg yang murah akan cepat bengkok jika memiliki kebiasaan seperti ini.

   Dengan budget 2 juta rupiah, Anda bisa mendapatkan velg yang memiliki kualitas bagus kok. Untuk ban Anda bisa menggunakan merk lokal yang kualitasnya cukup mumpuni dengan hanya merogoh kocek sebanyak 2 juta rupiah untuk satu set ban. Bandingkan dengan ban import yang berharga 5 jutaan satu setnya.

   Dengan budget 4 sampai 5 juta rupiah Anda sudah bisa mengubah motor trail menjadi supermoto sederhana. Ubahan ini memang hanya untuk ditunggangi harian saja. jika di ajak turun dalam event balap, rasanya masih belum dapat berbicara banyak.

comments

`