caption trialgame

Ukur Lingkar Kepala Agar Tepat Temukan Helm Ideal!

Wednesday, 10 March 2021

Ukur Lingkar Kepala Agar Tepat Temukan Helm Ideal!


Memakai helm adalah salah satu cara meningkatkan keselamatan saat berkendara sepeda motor, karena helm dapat memberikan perlidungan efektif saat terjadinya kecelakaan. Inilah mengapa helm seharusnya tidak dibeli berdasarkan harga atau coraknya saja. Anda seharusnya membeli helm berdasarkan ukuran dan standar keamananya. Selain SNI, sebaiknya Anda memilih helm yang sudah memiliki standar DOT atau ECE.

Ukuran helm sangat berpengaruh pada tingkat kenyamanan dan keamanan saat mengendarai sepeda motor. Saat dikenakan, ukuran helm yang pas adalah yang sedikit ketat dan seluruh bagian interiornya rapat menutupi bagian kepala tetapi tidak menimbulkan rasa sakit saat memakainya. Cara yang dapat dilakukan saat menentukan ukuran helm yang pas adalah dengan mengukur lingkar kepalamenggunakan meteran.

Biasanya setiap produsen helm mengeluarkan produknya dengan beragam ukuran, mulai dari XS, S, M, L, XL dan XXL. Ukuran tersebut diukur berdasarkan lingkar kepala pemakainya. Helm dengan ukuran XS adalah untuk bikers yang memiliki lingkar kepala 53 – 54 cm, S untuk lingkar kepala 55 – 56 cm, M untuk lingkar kepala 57 – 58 cm, L untuk lingkar kepala 59 – 60 cm, XL untuk lingkar kepala 61 – 62 cm dan XXL untuk ukuran lingkar kepala 63 – 64 cm.  Walaupun begitu, ada beberapa merk atau tipe helm yang ukurannya tidak sesuai. Bisa lebih sempit atau lebih longgar.

Pemakaian helm dan ukuran berperan dalam menentukan fungsinya sebagai alat keselamatan. Helm yang pas dengan kepala biasanya akan mambuat muka pemakainya sedikit terdorong ke depan tapi tetap rapat dan tidak terasa sakit, artinya helm tidak dipaksa masuk dan muat dengan kepala.

Selain itu saat digunakan helm juga tetap nyaman tanpa terasa terlalu ditekan.Cara mudah lainnya untuk mengetahui apakah helm yang kita pakai terlau besar adalah dengan menggerakan helm ke kiri-kanan saat dipasang, bila rapat itu berarti pas. Selain itu bisa juga dari pandangan, coba gerakan mata ke kiri atau kanan, jika merasa atau terlihat ada yang menggangu berarti helm yang digunakan kebesaran.

 

 

 

comments

`