caption trialgame

Ulik Performa Offroad W175TR

Friday, 8 May 2020

 

Belum lama ini Kawasaki meluncurkan produk motor retro mereka yaitu Kawasaki W175. Ada tiga variant dari motor ini namun jenis W175TR SE, memiliki tampilan gahar layaknya motor trail yang siap melahap medan offroad. Nah jika penampilannya sudah segarang motor trail, yang perlu diteliti lebih lanjut adalah performanya. Simak ulasannya ya.

Motor ini masih menggunakan mesin yang sama dengan pendahulunya yaitu mesin satu silinder, DOHC berkapasitas 177 cc yang menghembuskan tenaga 12,8 daya kuda (dk) pada 7500 rpm dan torsi puncak 13,2 Nm pada 6.000 rpm. Pengabut bahan bakarnya masih setia menggunakan karburator Mikuni VM24. Buat Anda yang berencana menggunakan secara harian, performa motor ini cukup lumayanlah.

Saat memutar tuas gas, motor ini punya karakter tenaga yang linear dari awal hingga menengah. Artinya tenaga mesin dijaga bukan untuk mengincar topspeed ataupun akselerasi. Nah imbasnya, konsumsi BBM bisa lebih efisien. Ya memang, tenaganya tak begitu galak jika harus dibandingkan dengan motor sekelasnya.

Saat diajak bermain di lintasan tanah performanya juga tidak mengecewakan. Aplikasi ban dual purpose cukup membantu melahap jalan tanah, namun rasanya motor ini hanya bisa diajak melibas lintasan tanah standar yang cenderung datar, berpasir dan berlubang.

Perlu diingat, W175TR bukan dirancang sebagai motor dua alam. Pabrikan juga tidak mengklaim motor ini tangguh buat diajak main offroad atau terabasan. Sesuai konsepnya Scrambler untuk berkeliling di perkotaan. Tapi untuk melewati jalan tanah seperti tadi, motor ini masih bisa diandalkan.

Bantingan suspensinya boleh dibilang lembut tapi tidak bouncy. Ketika melibas jalan berlubang atau polisi tidur, suspensi depan mampu meredam getaran dengan baik, begitupun dengan suspensi belakangnya.

Tinggi suspensi yang berubah ternyata tak merubah handling motor ini, getaran dan goyangan ketika menikung di aspal hitam cukup minim. Hanya saja ketika melibas speed trap dalam kecepatan tinggi suspensi belakang terasa sedikit bumpy.Nah suspensi belakangnya ada lima fitur tingkat pengaturan kekerasan yang bisa disesuaikan dengan kondisi jalan. Secara total bobot, motor ini punya berat 121 kilogram, ketika diajak bermanuver motor ini memang lincah dan terbilang luwes.

Jika Anda sedang mencari motor trail dual sport, kami sarankan untuk melihat merk lain yang performa offroadnya sedikit lebih bagus. Kendati memiliki tongkrongan layaknya motor offroad, perfoma W175TR SE tidak mungkin dihandalkan untuk lintasan offroad ekstrim tapi jika untuk jalanan perkotaan motor ini boleh diadu.

comments

`