caption trialgame

Waduh ini lho penyebab Kantuk Saat Touring

Friday, 1 November 2019

Mengendarai motor trail dual sport Anda bersama teman-teman, menjadi salah satu kegiatan yang banyak digemari. Nah tapi tahukah Anda bahwa musuh utama dalam touring adalah rasa kantuk yang bisa menyerang kepada siapa saja dan kapan saja.

Saat rasa kantuk datang, sudah pasti bahaya akan mengikutinya. Bukan tidak mungkin jika kemudian akhirnya akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Rasa kantuk saat berkendara memang hal yang lumrah dan dikategorikan dalam dua macam yaitu micro sleep dan Auto Behaviour Syndrome (ABS).

Micro sleep merupakan keadaan badan tertidur hanya sesaat, yang disebabkan karena otak tidak terstimuli. Micro sleep ini biasanya terjadi pada pengendara motor yang sedang berkendara sehari-hari seperti dari rumah ke kantor atau saat touring. Rute yang sering dilewati kadang membuat pengendara secara tidak sadar kehilangan fokus karena terhitung sudah hapal dengan jalur. Sementara jika dalam kondisi touring, ketika sedang melewati jalur yang lapang pastinya kecepatan motor akan konstan.

Dua hal tadi akan membuat membuat perjalanan Anda terasa mononton dan otak menjadi tidak terstimuli. Saat itu itulah micro sleep bisa muncul. Nah untuk mengatasinya, adalah dengan mengecek spion setiap 5-8 detik sekali. Tapi jangan hanya asal dilihat saja ya, perhatikan spion dengan seksama kena dengan begitu otak akan kembali terstimuli dan rasa kantuk akan hilang.

Sementara itu Auto Behaviour Syndrome (ABS) biasanya disebabkan oleh kondisi tubuh yang tidak mendukung untuk mengendarai motor. ABS bisa muncul karena pemotor kurang tidur, sedang letih atau sedang sakit. Karena kondisi badan yang kurang fit, maka rasa kantuk bisa muncul. Jika memang kondisi tidak fit, rasanya tidak perlu memaksakan untuk berkendara ya.

Kalau memang terpaksa harus mengendarai seperti saat sedang turing, pastikan beristirahat setiap 1,5-2 jam sekali. Saat beristirahat lakukan power nap selama 15-30 menit, lalu juga lakukan stretching. Oh iya jangan lupa untuk terus mengkonsumsi minum ya. Kekurangan cairan di dalam tubuh juga bisa bikin mengantuk. Jadi siapkan air putih agar badan kembali segar, dan konsentrasi bisa terjaga kembali.

Image Credit : flickr.com

comments

`