caption trialgame

Waduh ini Penyebab Oli Mesin Tidak Naik

Monday, 23 September 2019

Salah satu masalah yang bisa terjadi pada mesin motor trail Anda adalah oli mesin yang tidak naik. Penyebab utama oli mesin tidak naik adalah oli yang tidak tidak bersirkulasi. Didalam mesin, sirkulasi oli seharusnya sudah diatur oleh komponen pompa oli. Skemanya saat mesin bekerja maka pompa oli yang juga terkoneksi dengan crankshaft akan berputar, sehingga terjadilah aliran oli dari pompa ke seluruhan bagian termasuk bagian katup mesin yang berada tepat di bagian cylinder head. Tapi kerusakan pompa bukan satu-satunya penyebab masalah ini, hal itu karena terdapat faktor lain yang menjadi pemicu oli tidak naik.

Umumnya pompa ini bekerja menggunakan sistem retary, dimana turbin yang berputar dapat menciptakan aliran fluida, letak kerusakan bisa terjadi pada turbin ini yang terputus koneksinya dengan crankshaft atau karena ada kebocoran seal sehingga tekanan oli drop. Solusinya pertama kita harus melakukan tes tekanan oli menggunakan oil pressure tester, jika ditemukan masalah pada tekanan oli maka kalian harus melakukan penggantian satu set pompa oli.

Oh iya adanya sumbatan pada oil feed mesin juga bisa mempengaruhi lho. Oil feed merupakan jalur oli yang berfungsi mengedarkan engine oil ke seluruh bagian mesin. Selama ini kita mengetahui bahwa tempat oli itu ada di bak oli saja, namun untuk bisa bersirkulasi dari oil pan menuju cylinder head oli harus melalui saluran yang dikenal sebagai oil feed atau oil jet.

Letak jalur ini biasanya ada didalam blok silinder dengan diameter lubang yang cukup kecil. Ketika ada sumbatan berupa kotoran atau kerak pada bagian ini, maka sirkulasi oli akan terganggu. Kerak atau kotoran ini bisa berasal dari sisa karbon hasil pembakaran mesin atau karena ada debu yang merangsak masuk ke mesin. Masalah ini biasanya terjadi pada mereka yang malas melakukan penggantian oli secara rutin.

Solusinya yakni perlu pembersihan oli feed, karena letak saluran ini ada di jantung mesin maka mau tidak mau kita harus membongkar mesin atau overhoule. Untuk membersihkan sumbatan itu bisa kita semprotkan karbu cleaner atau menggunakan bantuan bensin. Saat usia dibersihkan jangan lupa juga mengisi oli mesin dengan yang baru.

Filter oli yang kotor juga bisa menjadi salah satu penyebabnya lho. Fungsi filter ialah untuk membersihkan kotoran dan kerak dari aliran oil. Saat filter digunakan secara terus menerus, maka kotoran yang disaring akan mengendap pada permukaan saringan hasilnya akan mengganggu aliran oli didalam filter. Padahal jalur oil filter ini juga mempengaruhi jalur keseluruhan sirkulasi oil sehingga berimbas pada peredaran oil yang tidak rata.

Solusinya kalian perlu melakukan penggantian filter, umumnya penggantian saringan ini dilakukan secara berkala mengikuti penggantian oli mesin yakni 5000-10.000 km. Dampak sirkulasi oli yang terganggu ini bisa mempercepat keausan camshaft dan valve, hal ini dikarenakan letak mekanisme katup berada pada bagian atas mesin dalam hal ini kepala silinder. Awalnya kalian akan mendengar suara logam yang cukup berisik di bagian atas mesin, jika gejala ini muncul maka itu bisa menandakan masalah diatas.

Image credit : motosport.com

comments

`