caption trialgame

Waduh, Ternyata Helm Juga Bisa Menua Loh!

Wednesday, 26 May 2021

Waduh Helm Juga Bisa Menua Lho


Helm merupakan pelindung utama bagian kepala bagi para pengendara sepeda motor. Oleh karena itu kualitas dan kenyamanan helm sudah sewajarnya untuk diperhatikan. Apalagi jika Anda merupakan penggemar motor trail yang rutin trabasan. Kondisi helm yang prima merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi.

Namun tahukah anda bahwa ternyata perangkat ini termasuk salah satu yang paling sedikit mengalami penggantian lho. Bukan hanya penggila motor trail, hampir sebagian besar pemilik motor tidak akan membeli helm baru jika helm lama mereka tidak hilang atau rusak karena misalnya kecelakaan.  Dan ternyata helm juga memiliki batas usia atau masa kadaluarsa lho.

Jika Anda sudah menahun menggunakan helm kesayangan Anda biasanya akan mulai muncul tanda-tanda penuaan pada helm Anda. Contohnya interior yang mulai kusam, styrofoam yang sering lepas dan jika memiliki visor, maka semakin sulit untuk membersihkan goresan pada kaca helm tersebut.

Namun tanda yang paling harus dikenali adalah saat styrofoam sudah terus menurus copot, artinya sudah saatnya Anda merogoh tabungan Anda untuk membeli helm yang baru.  Styrofoam sendiri merupakan lapisan busa di dalam helm yang berfungsi untuk melindungi kepala, pipi, dan kening ketika terjadi getaran atau benturan. Bagian ini penting untuk diperhatikan karena langsung berinteraksi dengan kepala pengendara.

Lalu, tanda lainnya yang mudah untuk dicek adalah interior helm sudah mulai kusam, ada getas, karena sering terkena keringat. Bila helm terus dipaksakan, biasanya busa akan mengempis sehingga helm terasa kendur saat digunakan. Oh iya pada beberapa helm bermerk, pada bagian tertentu di helm akan biasanya tertera tanggal pembuatannya.  Nah jika saat Anda mengecek tanggal tersebut ternyata sudah melewati tiga hingga lima tahun dari tanggal produksi, sudah saatnya juga Anda mengganti dengan yang baru.

Memang mengganti helm bukanlah hal yang murah, harga helm bermerk yang jutaan rupiah pun masih akan terkena kendala seperti di atas. Tapi rasanya keselamatan Anda lebih penting ketimbang harga helm bukan?

 

comments

`