caption trialgame

Wah ini Alasan Rantai Motor Trail Mudah Kendur

Tuesday, 17 November 2020

Wah ini Alasan Rantai Motor Trail Mudah Kendur


Seperti sudah diketahui bahwa rantai motor trail berperan sebagai  penyalur tenaga mesin ke roda. Namun ada kalanya komponen ini tidak bekerja dengan semestinya karena tensi yang sudah bagus alias kendur, dan hal ini mengakibatnya tidak optimalnya distribusi daya ke roda.

Umumnya rantai motor kendur dan harus disetel ulang setiap penggunaan sekitar 1.000 km, jika kurang dari itu tentu ada sesuatu yang salah. Baik dari cara penggunaan motor maupun perawatan. Kondisi rantai kendur ini dapat mengurangi kenyamanan dalam berkendara dan berisiko karena berpotensi membuat rantai terlepas.

Ada banyak penyebab terjadinya hal namun, yang utamanya biasanya terjadi karena kurangnya pelumasan pada rantai. Pelumas pada rantai motor berfungsi untuk meminimalisasi gesekan pada gear. Jadi ketika rantai dalam kondisi terlumasi, gaya tarik yang dihasilkan lebih kecil karena lebih licin. Selain itu, disarankan untuk rutin membersihkan rantai dari kotoran yang menempel. Sehingga tidak menimbulkan karat dan gerakan rantai tidak kesat.

Jika motor trail Anda sering digunakan untuk kegiatan harian dan mengangkut beban berat yang melebih kapasitas, hal ini juga bisa memicu terjadinya rantai kendur. Apalagi jika motor tersebut sering digunakan untuk berboncengan karena rantai dipacu bekerja lebih keras ketimbang saat dikendarai seorang diri.

Oh iya gaya berkendara yang sering berakselerasi spontan dan melewati jalan macet yang stop and go berpotensi membuat rantai cepat kendur. Pasalnya putaran mesin yang besar membuat gaya tarik rantai ke gear roda menjadi besar juga, sehingga efeknya rantai pun cepat kendur.

Nah buat Anda yang gemar melakukan trabasan. Sering melewati jalan yang menanjak atau tidak rata dan bergelombang, tanpa disadari dapat menyebabkan lebih cepat kendurnya rantai motor. Karena ketika melalui permukaan jalan rusak atau menanjak, gaya tarik yang diberikan mesin maupun swing arm ke rantai cukup besar sehingga rantai pun menjadi cepat kendur.

Jika rantai motor Anda kendur jangan khawatir, cukup stel kembali saja. Langkah pertama untuk mengencangkan rantai motor tentu saja adalah standarkan motor dengan standar tengah, kemudian kendurkan mur as roda, dan kendurkan juga baut braket kaliper. Setelah itu putar mur adjuster rantai dan kembali kencangkan semua mur dan baut. Mudah bukan?

comments

`