caption trialgame

Waktu Ideal Ganti Busi

Friday, 24 April 2020

 

Busi adalah komponen motor yang perannya vital untuk sistem pengapian pada mesin. Pabrikan motor sendiri sendiri biasanya sudah mematok daya tahan busi sampai berapa kilometer, biasanya berkisar antara 7500km sampai 8000 km. Lantas kapan sih waktu ideal untuk mengganti busi? Banyak yang terkadang lupa untuk mengganti busi.

Ada beberapa cara untuk mengetahui ciri-ciri busi yang sudah tidak optimal seperti pada waktu mesin mau dihidupkan, mesin sedang berputar atau dilihat dari ciri fisik busi. Yang paling mudah dilacak tentu ketika mesin sulit hidup saat pertama kali di nyalakani. Bahkan di rpm sedang, terkadang mesin brebet kendati seting karburator sudah tepat. Tapi, begitu mesin digas , gejala mbrebet itu hilang. Itu tanda yang mudah dikenali.

Jika putaran mesin sering terjadi seperti itu, ada baiknya lakukan pengecekan kondisi busi. Apakah elektroda masih bagus, tidak ditimbuni kerak karbon atau ada bagian elektroda busi yang terkikis akibat sering kepanasan.Makanya untuk jaga kualitas api busi tetap baik, jangan biasakan mengabaikan waktu ganti busi.

Kemudian pastikan kualitas bensin, setingan karburator tepat juga lakukan penggantian busa filter udara agar hasil pembakaran busi tetap bagus. Dan yang tidak kalah penting lagi dari perawatan busi, pastikan tipe kode busi yang dipakai sudah sesuai dengan kondisi kendaraan dan lokasi tinggal.

Pemilihan suhu busi hendaknya menyesuaikan anjuran pihak pabrik, jika salah memilih spesifikasi busimaka efeknya busi akan cepat mati dan kinerja motor juga akan terpengaruh.Misalnya motor trail Anda menggunakna tipe busi panas, maka jangan menggunakan busi dingin. Apa efeknya? Motor trail jadi susah hidup saat keadaan dingin demikian pula sebaliknya jika motor trail bertipe dingin menggunakan busi panas dapat dipastikan saat motor digeber akan meimbulkan gejala gajala aneh seperti pembakaran yang tidak sempurna.

Busi merupakan salah satu komponen motor yang terhitung tidak mahal. Untuk busi standar, harganya masih dalam kisaran puluhan ribu rupiah saja. Jika ingin menggunakan yang lebih baik kualitasnya paling mentok Anda hanya mengeluarkan ratusan ribu saja. Nah jadi jangan sampai terlambat mengganti busi ya, karena jika terjadi kerusakan bisa merembet kemana-mana.

comments

`