caption trialgame

Waspada, Bahaya Sering Hajar Polisi Tidur!

Tuesday, 13 April 2021

Aduh Ini Akibat Terlalu Sering Menghajar Polisi Tidur


Untuk Anda yang terbiasa menggunakan motor trail untuk kegiatan sehari-hari tentu sudah biasa untuk berhadapan dengan polisi tidur. Apalagi di kota besar seperti Jakarta, di setiap jalan perumahan selau ada polisi tidur. Polisi tidur merupakan sebutan untuk gundukan di jalan yang berfungsi mengurangi kecepatan kendaraan baik mobil atau sepeda motor. Nyatanya di jalan tak jarang pengendara motor yang mengabaikan polisi tidur. Selain karena tak terlihat mata atau justru cuek, sehingga tidak mengerem saat melewatinya.

Kendati motor trail memiliki ground clearance yang tinggi, namun jika terlalu sering menghajar polisi tidur dalam kecepatan tinggi, bisa menimbulkan masalah di bagian laher lho. Biasanya yang akan bermasalah di bagian bearing roda atau laher, bisa juga bagian komstir. Jadi cepat bermasalah kalau sering kena benturan keras.

Apalagi jika polisi tidur yang dilindas tidak sesuai standar, misalnya terlalu tinggi atau lancip. Sebab diketahui saat ini banyak polisi tidur yang dibuat warga tak sesuai spesifikasi. Selain itu, sering menghajar polisi tidur juga bisa bikin pelek peyang atau tidak rata. Tapi hal tersebut tidak serta-merta terjadi karena butuh faktor lain.

Kerusakan pada pelek biasanya terjadi saat kondisi ban sedang kurang tekanan angin. Kejadian seperti itu juga bisa juga terjadi saat kondisi motor sedang diisi muatan penuh, dengan membawa boncengan atau barang-barang yang cukup banyak atau berat. Kalau kondisi ban kurang angin, saat melewati polisi tidur atau jalan rusak, benturan keras langsung menghajar pelek. Sementara kalau anginnya cukup, benturan akan diteruskan ke laher, kemudian komstir.

Nah buat Anda yang biasa mengempiskan ban motor trail saat melakukan offroad, jangan lupa untuk menambah tekanan udara kembali ya. Dan kendati motor trail memang dibuat untuk mampu menghadapi beragam handicap atau rintangan, tidak kami sarankan juga untuk menghajar tiap polisi tidur yang Anda temui di jalan.

comments

`