caption trialgame

Waspadai Blindspot Saat Berkendara!

Wednesday, 16 June 2021

Waspadai Blindspot Saat Berkendara!


Bagi Anda yang kerap membawa supermoto kesayangan Anda touring keluar kota tentu sudah tidak asing lagi bila harus berbagi jalan dengan kendaraan yang lebih besar. Dengan dimensi yang lebih kecil, motor memiliki kemampuan berkendara lebih lincah dan mudah untuk menyalip kendaraan lain, namun juga berpotensi sulit terdeteksi di area blind spot kendaraan lain yang lebih besar.

Blind spot atau titik buta adalah titik di mana satu kendaraan tidak bisa dijangkau mata dan spion kendaraan lainnya. Contoh kasus yang sering terjadi adalah sepeda motor yang menyalip kendaraan lebih besar, sehingga berpotensi untuk sulit terdeteksi di area blind spot kendaraan yang lebih besar tersebut.

Blind spot itu kan bidang pandang yang tidak terlihat. Kalau di motor ada di bagian belakang kiri dan kanan sepeda motor. Untuk meminimalisir masalah ini produsen sebenarnya sudah mengantisipasi dengan memberikan kaca spion pada setiap motor. Namun spion pun memiliki ruang pandang yang terbatas.

Nah seringkali pengendara kurang berhati-hati ketika berada di samping atau belakang kendaraan yang memiliki ukuran besar sehingga tanpa sadar pengendara sepeda motor berada pada posisi blind spot yang berpotensi terlibat dalam kecelakaan ketika berkendara. Guna mencegah dan menekan potensi terjadinya kecelakaan akibat blind spot, ada beberapa tips yang harus dipahami ya, simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah pahami dan ketahui area blind spot kendaraan kita dan juga kendaraan lain . Fokus mata dan pendengaran saat berkendara untuk memaksimalkan kewaspadaan terhadap lalu lintas jalan. Hindari mendengarkan musik dengan headset saat berkendara, hindari juga menggunakan knalpot tidak standar karena bisa menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan saat berkendara

Kemudian selalu memposisikan di area luar blind spot kendaraan lain agar terlihat oleh kendaraan lain. membunyikan klakson atau lampu untuk melakukan konfirmasi kepada pengguna jalan lain bahwa apabila kita berada pada area blind spot-nya serta segera keluar dari area tersebut, juga membantu lh.

Jangan lupa untuk menggunakan pelengkapan berkendara yang terlihat sehingga tidak mudah terabaikan oleh kendaraan lain dan ingat selalu jaga jarak aman dengan kendaraan lain ya

comments

`