caption trialgame

Waspadai Penyebab Beratnya Tarikan Motor Secara Mendadak!

Wednesday, 9 June 2021

Waspadai Penyebab Beratnya Tarikan Motor Secara Mendadak!


Memiliki motor trail yang sudahcukup tua usianya tentu akan mulai mengeluhkan kondisi tarikan motor yang berat saat akan dijalankan. Tetapi, kondisi tersebut bisa jadi bukan hanya akan dialami oleh pengendara yang motornya sudah tua saja, motor yang masih cukup muda pun bisa saja tuas gas motor akan terasa berat ketika ditarik. Lalu apa saja sih penyebab tarikan gas motor menjadi berat ? Simak ulasannya ya.

Yang pertama adalah tidak teratur dalam mengganti oli.  Jika oli sudah lama tidak diganti, maka bisa menyebabkan sistem pelumasan pada bagian-bagian mesin menjadi tidak sempurna. Hal ini bisa menyebabkan tarikan motor menjadi lebih berat dan bahkan mesin juga bisa menjadi lebih cepat panas meskipun kondisi motor bisa dibilang masih muda. Tapi jangan sampai kebanyakan mengisi oli ya karena oli yang jumlahnya melebihi kapasitas juga bisa menjadi salah satu penyebab beratnya tarikan motor, oleh karena itu saat pergantian oli pastikan saat mengisi oli baru harus disesuaikan dengan kapasitas oli pada mesin.

Oh iya kondisi busi juga mempengaruhi lho. Busi yang kondisinya sudah terlalu lama akan membuat sistem pengapian pada sepeda motor menjadi tidak maksimal saat sedang bekerja, hal ini juga bisa menjadi salah satu penyebab tarikan sepeda motor menjadi berat. Untuk itu, gantilah busi secara teratur.

Tarikan tuas gas yang berat juga bisa disebabkan oleh CD yang sudah tidak bagus. Komponen CDI bertugas untuk mengatur supply pengapian yang dibutuhkan oleh motor. Maka, apabila CDi sudah mulai rusak segeralah ganti komponen tersebut agar sistem pengapian dapat kembali bekerja secara optimal.

Jika motor trail Anda menggunakan karburator, pastikan komponen ini tidak kemasukan air dan bagian spuyer-nya pun tidak boleh kotor. Tapi terkadang saat mencuci motor, karena menyiram air terlalu banyak bisa saja airnya masuk ke bagian karburator. Hal ini juga bisa menjadi sebab tarikan motor menjadi berat. Karena karburator berfungsi sebagai pencampuran bahan bakar dan udara yang sangat dibutuhkan oleh mesin, maka komponen ini tidak boleh terhalang saat terjadi proses pencampuran.

Terkadang terdapat kotoran atau kerak sisa pembakaran yang tidak sempurna pada kepala silinder. Hal ini juga akan mempengaruhi tarikan gas sepeda motor yang akan menjadi berat. Selain itu hal ini juga akan mempengaruhi mesin menjadi lebih panas. Untuk mengatasinya, kamu harus membongkar bagian head dan bersihkan kotoran atau kerak tersebut dengan menggunakan amplas kasar ataupun sekrap.

Dan yang terakhir adalah baik itu motor trail  baru maupun motor lama sama-sama membutuhkan perawatan. Kurangnya perawatan pada kendaran bermotor tentu saja akan mempengaruhi tarikan tuas gas sepeda motor. Oleh karena itu, jangan lalai untuk servis berkala agar kondisi motor tetap prima.. Apabila motor telah dirawat dengan baik sedari masih baru, pasti akan berdampak baik jika motor itu semakin tua. Setidaknya performanya tidak akan turun terlalu drastis dibandingkan jika motor itu kurang dirawat selagi masih muda atau baru.

 

comments

`