caption trialgame

Wih Bebek Trail Dirilis Resmi Lho

Monday, 11 November 2019

Pabrikan motor Honda, akhir-akhir gemar merilis kembali motor-motor klasik mereka. Salah satu yang mendapatkan rilisan ulang adalah Honda Monkey 125 dan Honda C125 Supercub. Nah belum lama ini mereka memamerkan motor bebek retro yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menyerupai motor trail. Motor yang bernama Honda CT124 ini, sempat dipajang di booth Honda dalam event Tokyo Motor Show yang digelar beberapa waktu lalu. Bahkan untuk memperkuat kesan motor offroad, pihak Honda memberikan dekorasi bebatuan pada display di event tadi.

Secara desain Honda CT125 terhitung keren dan out of the box. Aura bebek retro ya masih tetap ada dengan lampu-lampu dan konsol speedometer yang serba bulat, tapi juga memiliki nuansa off-road yang kuat. Sebagai contoh pada bagian ban yang pakai model semi trail, stang tinggi, dan knalpot yang menjulang tinggi di sebelah kanan layakanya sebuah motor trail.

Joknya sendiri pakai model tunggal karena bagian belakang jok difungsikan sebagai rak untuk membawa kargo atau barang. Kemudian pada bagian suspensi depan pakai model teleskopik yang dibalut dengan pelindung karet khas motor trail jadul dan suspensi belakang pakai double shock.

Untuk sektor mesin, ternyata Honda CT125 menggunakan mesin yang sama dengan motor C125 Super Cub dan Monkey 125. Semuanya sama-sama menggunakan mesin 124 cc SOHC, 4-tak, 2-klep, dan berpendingin udara. Mesin ini mampu menghasilakan tenaga yang minimalis sebesar 9,65 PS dan torsi sebesar 10,4 Nm. Tidak seberapa memang, tapi bukan itu nilai jual produk ini.

Namun nilai jual utama produk ini memang bukan dari sisi performa, melainkan desain yang unik, long lasting, dan bersejarah karena Honda di masa lampau pernah merilis motor yang mirip-mirip dengan Honda CT125. Kendati spesifikasi mesin terbilang sederhana, tapi Honda CT125 sudah pakai sistem pembakaran injeksi kok. Teknologi terbaru yang diaplikasikan di motor ini adalah pakai rem cakram depan dan belakang lengkap dengan sistem ABS single channel.

Pertanyaan utamanya adalah apakah motor ini bakal menyapa pasaran Indonesia? Jika melihat animo pembeli yang inden motor Honda Monkey 125, rasanya pihak Honda Indonesia bakal tertarik untuk memasarkan produk ini di dalam negeri. Cuma layaknya, Honda Monkey 125, rasanya harga yang ditawarkan bakal terbilang menguras kantong.

 

Image credit : rideapart.com

comments

`