caption trialgame

Wisata Motor Trail di Borobudur!

Thursday, 8 April 2021

Wisata Motor Trail di Borobudur!


Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tekenal karena wisata Candi nya yang sudah tersohor di seluruh dunia. Tapi tahukah Anda ternyata, daerah ini juga memiliki satu aktivitas wisata petualangan yang memacu adrenalin.

Sejak awal tahun 2020 lalu, Anda bisa mengendarai motor trail mengelilingi kawasan Kecamatan Borobudur dan sekitarnya, melalui jalur ekstrem, mengunjungi destinasi wisata, wisata edukasi, hingga susur sungai purba.

Anda bisa berkeliling ke beberapa tempat wisata serta edukasi yang ada di desa-desa sekitar Kecamatan Borobudur, seperti Desa Karangrejo, Ngargogondo, Giripurno, dan Ngadiharjo. Salah satu pengelola wisata ini adalah komunitas yang bernama Explore Borobudur.

Sistem wisata dengan motor trail ini lepas kunci. Anda diizinkan mengendarai motor trail sendiri. Pihak Explore Borobudur juga mewajibkan adanya satu leader atau guide dari pihak mereka yang akan memandu para wisatawan. Setiap lima unit trail yang keluar, wajib didampingi minimal satu leader. Leader ini berfungsi untuk memandu para wisatawan dan berjaga-jaga jika memang ada kesulitan di perjalanan. Mereka adalah orang yang mengetahui medan jalanan dan bisa membantu para wisatawan.

Penasaran sama harganya kan? Ada lima paket yang ditawarkan oleh Explore Borobudur. Yakni paket Short Trip, Medium Trip, Long Trip, Super Long Trip, dan One Day Trip. Untuk paket Short Trip, harganya adalah Rp 350.000 dengan durasi perjalanan 2,5 jam. Anda  bisa memilih antara rute jelajah Sungai Sileng atau berkunjung ke dua wisata edukasi.

Kemudian paket Medium Trip dengan durasi perjalanan 3,5 jam dengan harga Rp 450.000. Rutenya meliputi jelajah Sungai Sileng dan kunjungan ke satu atraksi wisata serta satu wisata edukasi. Lalu paket Long Trip dengan durasi perjalanan 4,5 jam dan harga Rp 550.000. rutenya meliputi jelajah Sungai Sileng dan kunjungan ke satu long destination, dan satu wisata edukasi.

Paket Super Long Trip dengan durasi perjalanan enam jam dan harga Rp 750.000. Rutenya meliputi jelajah Sungai Sileng dan beberapa pilihan jelajah, di antaranya jelajah Kulon Progo atau Jelajah Lereng Merbabu. Terakhir adalah paket One Day Trip dengan durasi perjalanan 8,5 jam dan harga Rp 900.000. Anda  akan mendapatkan rute jelajah Borobudur, serta tiga pilihan rute, yakni jelajah Menoreh, jelajah Lereng Sumbing, atau jelajah Lereng Merbabu.

Harga tersebut berlaku untuk sewa satu unit motor trail, termasuk perlengkapan keamanan, seperti jersey, sarung tangan, helm, sepatu khusus, dan juga kelapa muda. Khusus untuk paket One Day Trip, harga sudah termasuk makan siang. Dari kelima paket tersebut, terdapat pula pilihan jalur fun atau ekstrem. Bedanya, jalur fun tentu saja versi yang lebih mudah dilalui. Sementara jalur ekstrem akan melalui medan yang lebih sulit.

Nah buat yang tertarik terabasan di sekitaran Borobudur, jangan lupa untuk selalu mengikuti protokol kesehatan yang telah diterapkan pemerintah ya. Wajib memakai masker dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer secara rutin, serta jangan membuat kerumunan. Selamat berpetualang.

 

comments

`