caption trialgame

Wow Ini Alternatif Tambal Ban Darurat

Wednesday, 9 October 2019


Belum lama beredar berita mengenai seorang pengendara motor bernama Kadek Ramayadi yang mengunggah pengalaman pribadinya di media sosial. Kadek mengatakan bahwa saat Kadek Ramayadi mengikuti lomba AXCR di Thailand, ban motor trail yang digunakannya mengalami kebocoran. Dan kebetulan lokasi tempat kejadian jauh dari bengekl serta jarak antar kota yang jauh.

Hal ini kemudian memaksanya untuk memutar otak dan menggunakan jerami sebagai pengganti udara pada ban depanya. Kadek yang saat itu sedang menuju dari kota Pattaya di Thailand ke Angkor Wat di kamboja, mengatakan bahwa ban jerami bisa bertahan hingga 120 kilometer dan mengantarkannya selamat sampai ditujuan.

Sebenarnya dia membawa beragam perlengkapan untuk menambal ban, namun apa daya ban tubeless yang terpasang pada motor trailnya ternyata mengalami sobek sehingga tidak memungkinkan untuk ditambal. Sehingga akhirnya memutuskan untuk memasukan jerami melalui sobekan tersebut ke dalam ban motornya.

Motor trail yang digunakannya saat itu Husqvarna TE 250 yang didukung dengan mesin 4-tak satu silinder berkapasitas 249 cc. Mesinnya mampu menyemburkan tenaga hingga 33.9 daya kuda dan torsi 24 Nm, khas motor off-road. Dengan power sebesar itu, terhitung hebat bagi sebuah ban depan berisi jerami untuk bisa menempuh jarak 120 kilometer. Kecepatan rata-rata yang digunakan terbilang cukup fantastis juga 60 kilometer per jam.

Tapi rupanya trik yang dilakukan oleh Kadek ini bukanlah trik baru. Perkumpulan vespa extreme sering menggunakan trik ini. Bedanya adalah benda yang digunakan untuk mengganjal ban bukan jerami melaikan kain bekas, kaos atau benda apapun yang bisa meredam benturan jalan dengan pelek.

Cara yang dilakukan oleh Kadek untuk mengatasi ban bocor memang tidak ideal tapi efektif. Tidak ada yang ingin memang terkena kondisi ban bocor dan jauh dari peradaban atau bantuan, tapi jika kondisi ini terjadi pada Anda, setidaknya saat ini ada alternatif untuk pertolongan pertama.

 

Image credit : naikmotor.com

comments

`