caption trialgame

Yah Kampas Rem Kok Habis Sebelah Ya, Apa Teknik Mengeremnya Salah?

Thursday, 2 December 2021

Yah Kampas Rem Kok Habis Sebelah Ya, Apa Teknik Mengeremnya Salah?


Beragam jenis motor trail terbaru sudah dirilis atau siap dirilis di Indonesia. Hal ini memang memanjakan para penggemarnya, karena pilihan untuk membeli motor trail menjadi semakin banyak. Namun masih banyak juga yang penggila motor trail yang berburu motor bekas. Entah karena faktor bujet atau memang barang yang dicari sudah tidak diproduksi lagi, pasar motor trail bekas di Indonesia pun ikut menggeliat.

Nah salah satu yang penting untuk diperhatikan sebelum membeli motor trail  bekas adalah kondisi kampas rem. Jika kampas remnya habis sebelah, maka Anda bisa menebak kalau pemiliknya kurang merawat sistem pengereman motor. Namun jika terlanjur membeli motor trail bekas dengan kondisi kampas rem yang sudah habis sebelah, Anda tidak perlu panik. Tetap ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membantu mengembalikan kemampuan pengereman motor tersbut ya.

Kampas rem motor bisa habis sebelah karena kotornya kaliper. Sebagai efeknya, daya tekan pada piringan cakram pun menurun. Penumpukan kotoran teersebut bisa terjadi karena usia pemakaian motor. Bagaimana cara mengatasinya? Tenang, kami bakal beberkan semua di artikel ini.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka kaliper dan membersihkannya dari kotoran. Gunakan air dan sabun untuk membersihkannya. Setelah itu, jangan lupa untuk mengeringkannya menggunakan angin dari kompresor. Setelah kaliper bersih, berikan gemuk di pin bracket-nya. Perhatikan kondisi karet boot kaliper. Jika sudah robek, maka Anda juga harus segera menggantinya. Tujuannya, agar pin bracket kaliper bisa tetap terhindari dari kotoran.

Yang tentu juga penting dilakukan adalah mengganti kampas rem yang sudah habis, dengan yang baru. Jangan tunggu sampai kampas rem benar-benar habis untuk menggantinya. Jika Anda mendapati kampas rem sudah menipis, segera ganti dengan yang baru. Jadi, fungsi pengereman bisa kembali normal. 

Kampas rem pada motor, entah itu pada sistem rem tromol atau cakram, berperan dalam menghambat atau menghentikan putaran cakram serta roda. Jadi jika fungsinya terganggu, Anda sebagai pengendara pun akan kesulitan menghentikan laju motor.

Sayangnya, walaupun perannya sangat penting dalam keselamatan berkendara, kondisi kampas rem tak jarang terabaikan. Pengendara maupun pemilik motor biasanya baru akan melakukan perawatan saat menyadari kampas rem menipis atau bahkan habis. Nah, setelah mengetahui pentingnya fungsi kampas rem, jangan cuek lagi ya dengan kondisinya! Apalagi jika Anda sering mengendarai motor trail Anda di medan offroad.

 

comments

`