caption trialgame

Yah Kickstarter Motor Trail Ngelos!

Tuesday, 7 September 2021

Yah Kickstarter Motor Trail Ngelos!


Bagi para pemilik motor trail retro, kickstarter merupakan komponen krusial. Maklum saja tanpa komponen ini tentu akan sulit untuk menyalakannya.  Nah pada saat komponen ini mendadak enteng, itu pertanda adanya masalah pada komponen tersebut.

Kejadian seperti ini yang biasa disebut dengan ngelos atau tidak adanya tendangan balik. Mungkin sebagian besar dari Anda  pernah mengalaminya. Dan biasanya, akan bingung penyebab terjadinya hal ini.  Kick starter sepeda motor memang sering mengalami masalah ngelos. Ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya dengan mudah. Nah berikut ini ada beberapa faktor masalah yang sering terjadi pada komponen tersebut.  Simak ulasannya ya.

Penyebab pertama yaitu mesin tidak membuat tekanan kompresi yang dilakukan oleh dorongan piston. Hal ini bisa terjadi karena terdapat kotoran yang menempel pada klep/valve. Padahal komponen ini berfungsi dengan normal untuk menggerakkan klep naik turun. Jika klep terdapat kotoran, tentunya tidak bisa menutup dengan baik. Fungsi dari komponen tersebut yaitu untuk mengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang sisa pembakaran. Sedangkan kotoran yang menempel pada klep diakibatkan karena penggunaan bahan bakar premium RON rendah.

Penyebab kick starter ngelos yang kedua karena terjadi pada gigi engkol yang habis. Bahkan juga sering terjadi jika komponen ini patah atau pecah.Jika sudah terjadi, maka sebaiknya las komponen tersebut dengan menggunakan kawat yang memiliki kadar baja tinggi. Jika anda tidak bisa melakukannya sendiri, sebaiknya bawa pada tukang las berpengalaman. Namun, jika pernya patah, sebaiknya segera cari yang lebih baik dan baru untuk menggantikannya.

Kampas kopling yang aus ternyata bisa menyebabkan kickstarter ngelos juga lho.Sebaiknya segera cek komponen tersebut apakah masih bagus atau tidak. Jika sudah aus, sebaiknya segera ganti. Oh iya jika terlalu kencang pun akan berpengaruh pada kinerja kick starter motor. Bisa juga terjadi jika kampas kopling pemasangannya tidak tepat. Nah jika kebetulan Anda sedang mengalami hal –hal di atas, ada baiknya untuk segera membawa motor trail Anda ke mekanik kepercayaan secepatnya ya.

comments

`