caption trialgame

Yah Kopling Motor Trail Bermasalah

Friday, 30 August 2019

Kopling adalah perangkat utama agar motor trail dapat bergerak sempurna karena fungsinya sebagai media transfer tenaga dari mesin ke transmisi sampai ke roda belakang. Sebagai pemindah daya, kopling akan bergesekan dengan metal yang berputar, dan meneruskan putarannya. Fungsi kopling kendaraan sendiri yaitu untuk menghubungkan dan memutuskan putaran dari mesin ke transmisi.

Nah tapi tahukah Anda bahwa lama kelamaan kopling akan aus, dan usia pakainya akan tergantung dari cara pemakaian. Resiko ini akan semakin besar karena kerja kopling pada motor trail biasanya lumayan berat. motor trail yang biasanya bekerja pada putaran mesin rendah akan memaksa Anda untuk sering-sering menarik tuas kopling.

Nah kerusakan yang paling umum terjadi pada kopling motor trail adalah kopling slip. Hal ini biasanya ditandai dengan terjadinya penambahan putaran mesin tidak sesuai atau tidak searah dengan penambahan kecepatan motor. Tenaga motor trail juga terasa menurun dan dampaknya terlihat ketika mengambil tanjakan apalagi tanjakan panjang.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya kopling slip, yang pertama adalah kondisi oli mesin yang sudah usang. Untuk menghindari masalah tadi, lakukanlah penggantian oli mesin sesuai ketentuan, biasanya setelah menempuh 2.000 km. Jika Anda sering berpetualang offroad, kami sarankan untuk selalu mengganti oli mesin baru sebelumnya.

Oh iya kopling slip juga bisa disebabkan spesifikasi oli yang tidak sesuai. Meski memiliki fungsi yang sama, melumasi mesin, oli dibuat dalam berbagai jenis dengan kelebihannya masing-masing. Jadi pastikan oli mesin yang Anda gunakan sesuai peruntukannya dengan mesin motor trail yang Anda miliki ya.

Jarak kopling yang tidak ideal juga bisa membuat kopling menjadi selip, konsultasikan dengan mekanik kepercayaan Anda untuk menyetel kembali dan mendapatkan jarak ideal yang sesuai dengan keinginan Anda.

Terakhir, selip kopling bisa disebabkan oleh kampas dan per kopling yang sudah aus. Mengatasinya tentu dengan mengganti kedua komponen tersebut. Supaya hasilnya baik, serahkan tugas tersebut ke bengkel resmi atau pun mekanik yang terpercaya.

comments

`