caption trialgame

Yah Motor Trailnya Kepanasan

Thursday, 9 March 2023

Yah Motor Trailnya Kepanasan


Saking asyiknya trabasan kadang Anda sering lupa waktu dan tidak menyadari bahwa motor trail Anda bisa mengalami overheat. Perlu diingat bahwa terlalu lama mengendarai motor trail dalam keadan mesin overheat bisa mengakibatkan kerusakan pada bagian dalam mesin serta sistem pendingin motor trail.

Jika Anda merasakan motor trail Anda mengalami overheat, sebaiknya berhenti sambil mendinginkan mesin tadi. Biasanya jika ini dilakukan tidak akan ada masalah pada mesin Anda. Tapi jika Anda membiarkan sampai cairan radiator mendidih atau bahkan hingga menguap, siap-siap merogoh kocek dalam-dalam karena harus turun mesin dan mungkin mengganti radiatornya juga.

Mesin yang overheat bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah radiator yang rusak atau bocor, dan water pumpnya yang mengalami kerusakan. Lalai dalam melakukan perawatan rutin juga bisa membuat mesin menjadi panas. Radiator yang tertutup lumpur akan bekerja tidak optimal sehingga mempengaruhi suhu mesin. Jangan lupa cek cairan pendinginnya juga. Apakah masih bagus dan masih cukup.

Tak perlu panik, jika hal tersebut terpaksa Anda saat trabasa, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.  Ketika overheat terjadi, segera putar kunci kontak untuk mematikan motor terlebih dahulu. Cari tempat yang nyaman, atau setidaknya cukup teduh, supaya dapat mengurangi overheat pada mesin motor secara alami. Setelah menemukan tempat yang pas, mulai untuk memeriksa mesin motor. Pastikan mesin motor masih aktif atau tidak. Sebab, pada beberapa kasus overheat ada yang menyebabkan mesin mati total, ada pula yang membuat mesin aktif, tetapi motor tidak bisa jalan.

Salah satu komponen yang perlu diperiksa saat terjadi overheat pada motor adalah piston. Bisa jadi, posisi piston dalam silinder terlalu rapat sehingga membuat seker dan piston tidak leluasa beroperasi. Akibatnya saluran pelumasan oli jadi terhambat dan membuat mesin jadi cepat panas.

Setelah tahu pasti terjadi masalah pada piston motor, biarkan mesin motor untuk diam secara alami dulu selama beberapa waktu. Sebab, memaksa motor untuk tetap menyala dalam kondisi overheat justru berisiko merusak blok mesin.

Jika motor trail Anda menggunakan sistem pendingin radiator jangan lupa berikan cairan pendingin untuk radiator motor. Tapi sebelum dimasukkan pastikan mesin dalam keadaan dingin sepenuhnya. Meski begitu, jangan memberikan cairan sembarangan. Untuk menjaga mesin tetap awet dan tak lagi mengalami overheat.

comments

`