caption trialgame

Yuk, Kenali Gejala Penyebab Rem Macet!

Wednesday, 12 May 2021

Yuk, Kenali Gejala Penyebab Rem Macet!


Salah satu bagian  terpenting dari kendaraan motor  adalah rem. Pada motor trail terbaru, rem jenis cakram motor merupakan jenis rem yang banyak digunakan. Hal tersebut dikarenakan rem cakram mempunyai daya fungsi yang lebih efektif dibandingkan dengan rem biasa atau rem jenis tromol.

Kegunaan rem bagi kendaraan bermotor memang sangat penting, karena alat ini yang digunakan untuk menahan atau menghentikan laju kendaraan. Tetapi bagaimana kalau alat ini mengalami gangguan, seperti seret atau macet? Tentunya keadaan ini bisa berakibat fatal bila tidak segera diperbaiki.

Akibat dari rem macet ini, roda  tidak bisa kembali berputar meskipun tuas rem sudah dilepas. Hal ini dikarenakan kampas rem masih tetap melekat pada bagian roda, sehingga roda tidak bisa berputar. Akibat lainnya, kendaraan jadi terasa berat saat berjalan atau didorong. Penyebab rem macet ini ada beberapa macam, kami akan coba mengulasnya secara lengkap di bawah ini ya.

Kotoran merupakan penyebab utama dari rem yang macet atau seret. Kotoran ini biasanya berasal dari debu yang masuk dan akhirnya melekat pada bagian piringan rem. Apabila debu ini tidak segera dibersihkan, maka akan mengakibatkan rem cakram menjadi seret dan lama-kelamaan bisa menyebabkan rem macet. Oh iya karat juga bisa menyebabkan terjadinya rem macet, jadi cek piringan rem apakah ada yang terkena karat atau tidak.

Penyebab lainnya adalah kampas rem. Kampas rem merupakan bagian luar dari rem. Kampas rem ini nantinya yang akan menempel langsung pada roda kendaraan saat tuas rem ditarik. Tujuan dari penggunaan kampas rem adalah untuk menghindari gesekan langsung antara piringan cakram dan bagian roda kendaraan.

Karena bergesekan langsung dengan bagian roda, kampas rem akan aus dan habis. Akibatnya rem tidak akan berfungsi sempurna, dan akan menimbulkan suara berdecit pada saat tuas rem ditarik. Pada saat itu, kampas rem harus diganti dengan yang baru untuk menghindari keadaan rem blong.

Rem macet juga bisa disebabkan oleh kampas rem yang masih baru dipasang. Penyebab lainnya adalah pemasangan kampas rem yang tidak pas dan bisa juga suku cadang tidak asli. Oleh karena itu, disarankan, pemasangan kampas rem maupun rem dilakukan oleh ahlinya di bengkel resmi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.taran roda jadi melambat dan akhirnya berhenti

Lalu bagaiman cara mengatasinya? Tenang kami akan ulas beragam tips untuk mengatasi hal ini pada artikel selanjutnya ya.

comments

`