caption trialgame

Aduh Ini Efek Knalpot Bocor

Tuesday, 18 September 2018

Bagi Anda yang ingin gemar membongkar pasang knalpot motor trail Anda, kami sarankan untuk berhati-hati saat melakukannya. Pasalnya, jika pemasangan knalpot tidak pas, bisa terjadi kebocoran.

Kebocoran ini biasanya disebabkan oleh paking knalpot yang sudah rusak, atau baut pengunci leher knalpot yang kendur.Karena posisinya yang tidak terlihat, jadi sulit untuk dideteksi.Tapi ternyata ada cara mudah mendeteksi knalpot yang bocor lho.

Yang pertama bisa dengan mendengar suara menembak dari knalpot, ini terjadi pada saat throttle gas ditutup. Cara lainnya adalah dengan menutup lubang knalpot saat memanaskan mesin, kalau ada suara berdesis, berarti knalpot bocor. Suara berdesis tersebut berasal dari sekitar area blok silinder dan leher knalpot.

Kalau knalpot sudah muncul ciri di atas, tandanya knalpot mengalami kebocoran, dan hal ini tidak boleh boleh dibiarkan lho.Karena ada efeknya nih, kalau membiarkan knalpot motor bocor terlalu lama yaitu mempengaruhi pemakaian bahan bakar dan mengubah langsam motor.

Kalau knalpot motor bocor, itu bisa bikin boros konsumsi bahan bakar, dan langsam motor jadi lebih tinggi, kalau yang normalnya 1.500 rpm, bisa jadi 3.000 rpm. Bukan hanya itu, kalau knalpot motor bocor, tenaga motor juga jadi berkurang lho.Performa mesin otomatis menurun, kan secara teknis kebocoran pada knalpot bisa mengurangi pemanfaatan panas yang dihasilkan oleh mesin.

Salah satu cara untuk menyelesaikan kebocoran pada logam peredam mesin tersebut yakni dengan memberikan pengelasan atau penembelan logam. Namun untuk cara ini adalah cara ideal dan butuh biaya lebih.

Akan tetapi jika kebocoran terjadi dalam keadaan darurat, maka Anda bisa memanfaatkan cara sederhana yakni menggunakan seal tape aluminiu. Perangkat ini biasanya juga digunakan sebagai alat sementara untuk menambal wajan dan juga panci di dapur. Namun perlu diingat jika menggunakan seal tape aluminium untuk menambal knalpot yang bocor, itu sifatnya hanya sementara ya.

comments

`