news

Tips & Tricks
Aduh Kok Susah Ya Oper Gigi

view
180
like  
0

Monday, 11 June 2018


Posted by : Administrator

Setiap benda pasti memiliki batas usia pakai, apalagi jika benda tersebut seperti motor trail kesayangan Anda yang terus bergerak dan sering terjadi gesekan. Baik itu pada body maupun komponen-komponen yang berada di dalamnya.

Nah seiring dengan berjalannya waktu, biasanya ada satu masalah yang sering terjadi pada motor trail Anda yaitu sulit mengoper gigi. Ketika Anda mencoba untuk melakukan hal ini, perpindahan gigi terasa keras dan menjadi sulit.

Penyebab susah mengoper gigi bisa berasal dari komponen persneling atau kopling.Jika setelan kopling sudah mentok, tapi masih susah pindah gigi, tandanya komponen gigi persneling yang bermasalah. Biasanya part holder pawl yang menjadi penyebab susah pindah gigi.Part holder pawl dilengkapi dengan 3 buah bola-bola klaher  untuk menekan kampas kopling ketika tuas persneling diinjak, nah bagian ini yang  biasanya sering aus.  

Kondisi klaher  yang sudah aus membuat daya dorong kampas kopling kurang maksimal.Sehingga posisi kampas belum terlalu bebas, makanya bikin susah pindah gigi.Selain itu, per yang ada diporos pemutar tuas kopling atau as persneling juga bisa menjadi penyebabnya.Per yang retak atau sudah mulai kehilangan daya pegasnya membuat pergerakan baliknya lambat, sehingga membuat proses pemindahan gigi menjadi sedikit sulit.

Lantas bagaimana jika memang dari kedua komponen tersebut yang bermasalah. Ya tentu saja segera menggantinya dengan yang baru dong. Jika pernya retak segera ganti dan kalau klahernya  juga mulai aus ganti juga, segera ganti juga. Kami sarankan untuk mengganti dua komponen ini sekaligus untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Jika motor trail Anda mengalami gejala sulit untuk melakukan pemindahan gigi, jangan dibiarkan ya. Hal ini bisa berbahan dan berujung menjadi celaka. Sebagai contoh saat asik berpetualang di medan off road atau turun dalam sebuah lomba. Ketika ingin mengambil tikungan atau menyalip lawan, perhitungan matang Anda bisa meleset karena sulitnya pemindahan gigi. Dan jika hal ini terjadi bukan tidak mungkin terjadi kecelakaan yang bisa merugikan Anda. 

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup