caption trialgame

Aduh, Motor Trail Gak Kuat Nanjak

Tuesday, 24 April 2018

Lagi asyik memacu motor trail Anda di medan offroad, tiba-tiba terlihat sebuah medan berbukit yang menarik untuk ditaklukan. Tanpa ragu, Anda mengarahkan motor trail ke arah tersebut dan memacunya sekuat tenaga. Namun makin lama, motor trail Anda terasa kurang bertenaga untuk melahap bukit tersebut, padahal gas sudah dipelintir hingga maksimum.

Ilustrasi di atas sering terjadinya karena adanya beberapa komponen motor trail Anda yang mengalami masalah. Nah komponen apa saja sih yang harus diperhatikan jika motor trail tidak kuat melahap medan menanjak? Yuk kita simak ulasannya.

Komponen pertama yang harus Anda cek adalah kondisi rantai motor trail Anda. Kondisi rantai dan gir roda yang sudah tidak optimal membuat gerakan kedua komponen ini tidak maksimal. Rantai yang kendor serta gir yang sudah mulai tumpul akan membuat tenaga yang dihasilkan oleh mesin tidak tersalurkan dengan optimal ke roda bagian belakang. Jadi perhatikan kondisi keduanya ya. Oh iya rantai juga bisa disetting lho untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Untuk mendapatkan daya gerak yang lebih optimal, ganti gir depan dengan ukuran yang lebih kecil dan girr belakang dengan ukuran yang lebih besar.

Mesin motor membentuk energi dan tenaga dorong yang dihasilkan melalui pembakaran bahan bakar. Apabila proses pembakaran bahan bakar ini bermasalah dapat menjadi penyebab tarikan motor berat. Tarikan motor yang berat dapat memicu kurangnya tenaga saat motor digunakan untuk menanjak.

Nah proses pembakaran yang tidak optimal tersebut dapat disebabkan karena adanya kerusakan beberapa komponen seperti karburator. Komponen ini berfungsi sebagai pencampur bahan bakar dengan udara pada jenis mesin motor karbu ini dapat mengalami masalah seperti kemasukan air, tersumbat oleh kotoran. Pembersihan pada komponen karburator ini dapat menjadi solusi yang tepat.

Pada motor trail yang menggunakan mesin injeksi sebaiknya perhatikan juga kondisi fuel pump. Komponen ini memompa bensin ke dalam injektor yang akan diteruskan ke bagain pembakaran. Permasalahan pada fuel pump ini dapat terjadi apabila cara merawat motor injeksi tidak dilakukan dengan benar. Tekanan yang kurang dapat menyebabkan mesin kekurangan bahan bakar sehingga tenaga yang dihasilkan akan sangat minim sehingga sangat akan menimbulkan motor kurang tenaga di tanjakan.

CDI dan busi merupakan komponen mesin yang berfungsi dalam proses pengapian pada sistem pembakaran mesin. Adanya masalah pada komponen ini dapat menyebabkan pembakaran pada mesin tidak akan maksimal sehingga motor kurang tenaga meskipun gas sudah ditarik secara maksimal pada jalanan dengan kondisi yang menanjak. CDI yang bermasalah biasanya diketahui dengan munculnya suara ledakan ledakan dari mesin.

Filter udara, Filter yang jenuh dan rusak dapat menyebabkan debu debu kecil masuk kedalam yang bila dibiarkan akan menghasilkan kerak sumbatan. Kerak sumbatan tersebut dapat menyebabkan aliran udara menjadi kurang optimal dan proses pembakaran akan menjadi bermasalah. Pembersihan komponen filter udara secara rutin dapat mencegat terjadinya permasalahan teknis ini.

Beberapa kerusakan komponen di atas biasanya menjadi biang kerok motor trail Anda mengalami kekurangan tenaga saat berada di tanjakan. Agar kondisi motor dapat kembali dengan optimal maka jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan dan pengecekan pada komponen-komponen tadi ya.

comments

`