news

Tips & Tricks
Apa Saja Perlengkapan Berkendara Trail?

view
8k
like  
0

Monday, 18 January 2016


Posted by : Administrator

Banyak sekali olahraga dengan menggunakan kendaraan roda 2 jenis trail, sebut saja motocross, grasstrack, supercross, enduro cross, adventure trail, freestlye trail hingga Trial Game. Meski sama-sama menggunakan kendaraan sejenis yakni trail, arena yang digunakan berbeda-beda. Mulai dari sirkuit dengan berbagai macam handicap, pegunungan, perbukitan sampai dengan alam bebas.

Tentu saja, selain ketrampilan atau kemampuan berkendara trail, juga diperlukan nyali, lantaran olahraga otomotif yang satu ini sangat bersinggungan dengan bahaya. Kecelakaan, jatuh dan cedera adalah hal yang sangat mahfum bagi si pengendara.

Nah, untuk meminimalisir cedera serta berkendara dengan aman dan nyaman, anda harus memastikan bahwa anda memakai peralatan dan perlengkapan terbaik.Berikut di bawah ini adalah perlengkapan berkendara pada olahraga trail.

Helm

Helm yang berkualitas akan memberikan keamanan dan perlindungan pada bagian kepala serta dapat secara signifikan mengurangi kemungkinan cedera kepala serius. Pastikan helm anda cocok dan nyaman, ingat helm akan mengendur sedikit saat anda memakainya, jadi pilih helm yang erat merupakan prioritas ketika anda pertama kali membelinya.

Sepatu

Setelah helm adalah sepatu, tidak hanya melindungi dan mendukung kaki, sepatu juga melindungi jari-jari kaki, pergelangan kaki, shins dan betis. Sepasang sepatu yang mumpuni akan mengurangi kemungkinan keseleo saat melewati tikungan, melindungi pergelangan kaki dari lateral poni dan benturan, dan menjaga kaki anda dari panas, luka bakar dan lecet. Sepatu bot biasa, bahkan walaupun ia benar-benar menutupi pergelangan kaki anda tidak akan benar-benar melindungi anda selama bermotorcross, jadi pastikan untuk membeli sepatu bot yang benar-benar untuk olahraga trail. Ada berbagai macam desain dan trend sepatu motocross tersedia bagi para riders yang memang dirancang untuk cocok dengan sepeda motor anda. 

Penjaga lutut dan siku

Siku dan knees adalah bagian tubuh yang paling rawan dengan cedera, sehingga bagian ini perlu mendapatkan perlindungan ekstra. Ada berbagai macam perlindungan untuk siku dan lutut yang tersedia untuk pengendara motorcross dan olahraga trail lain. Kebanyakan pakaian khusus olahraga trail meninggalkan ruang ekstra di siku dan  meninggalkan ruang ekstra pada bagian lutut. Penjaga siku dan lutut.

Celana

Pada olahraga trail, sangat tidak dianjurkan memakai celana selain celana khusus balap trail. Pada celana biasanya memiliki tambahan lapisan perlindungan yang dibangun ke lutut dan paha untuk melindungi terhadap luka akibat terjatuh dan goresan yang mungkin terjadi dari batu, dahan dan lain sebagainya.

Kaos

Selain membantu sebagai tanda pengenal (biasanya dibubuhi nama atau nomor pada kaos) tips memilih kaos dengan kualitas yang baik akan membantu anda dalam berkendara. Kaos yang baik akan lebih maksimal juga melindungi tubuh anda. Ada begitu banyak desain menarik dengan warna dan gaya sebagai pilihan.

Kacamata

Kacamata cross atau yang lazim disebut kacamata goggle juga penting untuk olahraga trail. Kacamata ini melindungi mata dari debu, angin ataupun air hujan yang dapat mengakibatkan terganggunya perjalanan. Pilih juga yang nyaman serta pas untuk kenyamanan pandangan anda. 

Tags : Trial Game,Indonesia,Motocross,Extreme Sport