caption trialgame

Awas Rem Motor Trail Bisa Tidak Berfungsi Dengan Baik

Monday, 5 November 2018

Rem adalah komponen vital dalam semua kendaraan, tanpa komponen ini kami sarankan Anda tidak mengoperasikan kendaraan tersebut dengan alasan apapun. Kendati sudah dilengkapi dengan rem pun, Anda bisa mengalami hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi jika hal ini terjadi saat Anda sedang memacu motor trail dengan kecepatan tinggi di medan offroad.

Peristiwa gagalnya fungsi rem untuk memperlambat laju motor trail memang menyeramkan. Rem sebagai satu-satunya fitur untuk menahan laju motor trail bisa tidak berfungsi saat terlalu banyak digunakan. Salah satu penyakit yang sering diderita oleh komponen ini adalah vapor lock.

Vapor lock sendiri adalah istilah dalam dunia mesin, dimana ini adalah peristiwa cairan berubah menjadi wujud uap karena panas dari sekelilingnya. Pada kondisi ini regulator tekanan tidak dapat berfungsi dengan baik dan mengalami kegagalan karena adanya uap yang bercampur dengan cairan.

Tidak berfungsinya rem cakram karena minyak rem terpengaruh panas yang berlebih di kampas maupun kaliper. Akibatnya ada gelembung udara dalam sistem rem. Ini kemudian yang membuat rem tidak pakem.

Masalah ini sebenarnya sudah ditanggulangi dengan penggunaan minyak rem berstandar US Departement of Transportation atau disingkat DOT. Kebanyakan penggunaan pada motor saat ini adalah DOT 3 yang memiliki titik didih hingga 205 derajat celcius.

Untuk mencegah berkurangnya fungsi rem saat panas maka banyak yang memberikan solusi penggantian minyak rem menjadi DOT 4 yang memiliki titik didih lebih tinggi yakni 230 derajat celcius. Sehingga ketika rem yang semakin panas saat di jalan turunan dan mencapai titik didih air di 100 derajat celcius, masih dapat ditangani oleh rem.

Namun faktor rem dapat bekerja dengan baik tidak hanya bergantung pada satu hal saja. Kebiasaan seperti menaruh jari di tuas rem sehingga rem bekerja tanpa disadari bisa jadi salah satu rem tidak berfungsi di saat genting. Jadi perawatan berkala komponen rem memang memegang peranan penting lho, jangan diremehkan ya.

comments

`