caption trialgame

Bahaya Air Dalam Tanki Bahan Bakar Motor Trail

Wednesday, 18 April 2018

Berpetualang bersama motor trail biasanya harus siap melewati beragam macam jenis lintasan, baik itu lintasan kering atau lintasan basah. Tapi harus diakui, lintasan basah memiliki tantangan yang lebih menyenangkan bukan? hampir setiap penggemar motor trail lebih excited untuk melintasi medan berlumpur atau menerjang genangan air dan bahkan melintasi sungai.

Nah dalam kondisi basah, ada beberapa hal yang terkadang bisa membuat air masuk ke dalam tanki bahan bakar motor trail Anda. Keasikan berpetualang kadang membuat Anda lupa untuk mengisi bahan bakar dan tahukah Anda bahwa hal ini ternyata menimbulkan potensi tangki kemasukan air?

Tanki bahan bakar yang kosong bisa menimbulkan embun, akhirnya tangki jadi berisi air. Air yang mengendap akan menimbulkan kotoran. Biasanya memang tangki motor trali terbuat dari bahan plastik, tapi jika Anda menggunakan motor trail dual sport, yang biasanya menggunakan tanki berbahan besi maka hal ini bisa membuat tangki keropos serta rentan berlubang.

Bagi Anda pengguna motor trail berkaburator, jika air masuk ke dalam tanki bahan bakar biasanya efek yang ditimbulkan adalah motor trail mbrebet hingga berujung mogok. Hal ini biasanya terjadi jika air yang masuk ke filter udara dan karburator terlalu banyak. Segeralah ganti filter udara dengan yang baru dan karburator segera dibersihkan. Jika tidak segera ditanggulangi maka air akan ikut terbakar diruang bakar dan semakin lama akan menimbulkan scratch / luka di piston yang akan menyebabkan klep menjadi bengkok karena kompresi yang terlalu tinggi. Maklum saja, air tidak bisa langsung ikut terbakar dan akan beterbangan di ruang bakar sehingga menimbulan over kompresi.

Sementara itu pada motor trail dengan mesin injeksi, air yang berada di dalam tanki bisai membuat kondisi fuel pump menjadi macet. Fuel pump sendiri mempunyai tugas penting yaitu sebagai pengalir bensin ke ruang bakar mesin injeksi. Jika fuel pump macet, otomatis semprotan bensin dari injektor ke ruang bakar akan macet. Parahnya lagi, injektor bisa kotor dan berkerak. Jika ini terjadi mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru lho. Harganya juga tidak murah. Selain injektor, air juga berbahaya jika masuk ke throttle body. Throttle body memuat sejumlah sensor seperti sensor suhu udara, tekanan udara, dan posisi bukaan gas.

Nah itu dia beragam resiko yang bisa terjadi pada motor trai kesayangan Anda jika ternyata ada air di dalam tanki bahan bakarnya. Semoga bisa memperluas wawasan ya.

comments

`