news

Teknis Kendaraan
Bebek Trail, Spesies Apa Ini?

view
1k
like  
0

Tuesday, 10 July 2018


Posted by : Administrator

Orang Indonesia dikenal banyak memiliki akal. Prinsip tidak ada rotan akar pun jadi, seolah mendarah daging pada sebagain besar orang Indonesia. Salah satu hal yang terkena imbas pepatah ini adalah motor trail.

Memiliki motor trail memang sebagian mimpi dari orang-orang yang gemar berpetualang, namun harganya yang cukup lumaya, membuat tidak semua orang mampu memilikinya. Salah satu jalan keluar yang biasa ditempuh yaitu memodifikasi tunggangan yang sudah mereka miliki atau membeli motor bekas untuk dirubah mendekati spesifikasi motor trail.

Hal di atas memang sudah lazim, bagi mereka yang memiliki kocek lebih, motor-motor sport seperti Honda Mega Pro, Yamaha Vixion dan Suzuki Thunder biasa digunakan sebagai bahan dasar modifikasi. Namun bagi yang berkantong cekak, motor bebek menjadi pilihan utama mereka. Nah istilah Bebek Trail kemudian muncul bagi mereka yang menunggani motor bebek yang dimodifikasi menjadi motor trail.

Harga motor bebek bekas yang cukup murah menjadi alasan utama mengapa jenis bebek trail ini banyak berkembang biak . Modifikasi yang mereka lakukan bukan sekedar tampilan fisik saja, tapi juga performa mesin dan kaki. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia, para pengendara bebek trail ini memiliki skill yang tidak kalah lho dengan pengendara motor trail.

Ada beberapa langkah modifikasi yang bisaanya dilakukan. Yang pertama adalah merubah shock breaker depan layaknya motor sport, bahkan jika perlu dimodifikasi manual agar lebih panjang lagi. Frame body motor bebek memang tidak kuat, makanya perlu diperkuat dengan 1-2 batang besi pipa baja, agar ketika melakukan beragam lompatan, body bisa tetap utuh.

Roda depan diperbesar ukurannya dan diganti ban tahu, biasanya ukuran 18 inci menjadi favorit. Nah untuk roda belakang malah menggunakan ukuran yang lebih kecil yaitu 16 inci. Handle bar tentu juga harus diganti, untuk mendapatkan manuver yang ideal sekaligus pegangan yang kokoh.

Nah yang gak kalah penting tentu adalah bagian mesin. Mesin motor bebek dijamin tidak bakal kuat untuk melahap beragam lintasan offroad. Maka dari itu mesin dan sistem pengapiannya harus dioprek agar power yang dihasilkan bisa kuat untuk melahap beragam tanjakan. Gir set juga biasanya diganti untuk nambah akselerasi motor.

Tapi kan tetap aja, semua itu memakan biaya? Betul tapi hitungannya masih tetap lebih murah dibandingkan membeli motor trail seken sekalipun sih. Coba kita breakdown ya. Motor bebek seken memiliki kisaran harga 1,5 -3,5 juta. Modif sok depan, biayanya sekitar 250 ribu. Mengganti roda depan dan belakang, sekitar 1 juta. Modifikasi frame paling mahal 250 ribu, oprek mesin dan ganti gear berkisar 750 ribu. Total dana maksimal yang harus dikeluarkan hanya 5 juta rupiah. Bisa lebih murah lagi jika telah memiliki motor bebeknya.

Kami memang tidak merekomendasikan jenis modifikasi ini karena dengan motor trail yang telah lulus beragam uji sertifikasi saja, resiko saat berpetualang tetap besar. Tapi gak ada salahnya bukan untuk menambah wawasan tentang salah satu spesies motor trail paling populer di daerah-daerah pedalaman Indonesia.

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup