caption trialgame

Berkenalan Dengan Quick Shifter

Friday, 19 October 2018

Salah satu hal yang selalu diulik oleh para pengendara motor trail yang ikut berlomba adalah bagaimana cara membuat tunggangan mereka menjadi lebih cepat. Mulai dari mengulik mesin, hingga memasang beragam komponen untuk mendapatkan akselerasi yang mereka cari. Salah satu perangkat yang biasanya dipasang untuk mendapatkan akselerasi adalah quick shifter.

Quick shifter adalah fitur dimana Anda bisa memindahkan gigi tanpa harus menekan tuas kopling.Jadi perpindahan gigi di motor bisa dilakukan tanpa menekan tuas kopling.Jadi, saat tangan masih memelintir gas penuh, tinggal injak tuas persneling maka transmisi bisa tetap pindah mulus ke gigi lebih tinggi.Tentu dengan adanya quick shifter akselerasi motor jadi lebih cepat, karena rpm atau putaran mesin tidak banyak turun.Nah, gimana sih cara kerja quick shifter ?

Quick shifter memutus aliran setrum di igniton coil dalam hitungan sepersekian detik,sehingga prosesnya berlangsung sangat cepat dan halus. Simpelnya, quick shifter seperti membuat mesin mati sesaat sehingga proses ganti gigi menjadi halus dan aman meskipun kopling tidak ditekan.Quick shifter memiliki sensor yang terhubung dengan beberapa komponen di motor untuk menunjang kerjanya.Sensor terpasang di tuas persneling dan ada modul seperti ECU tambahan untuk menunjang kerja quick shifter.

Tapi alat ini tidak dirancang untuk menurunkan gigi persneling lho. Karena quick shifter memang dibuat untuk membantu mempercepat akselerasi dengan meminimalisir berkurangnya tenaga mesin akibat perpindahan gigi naik.Jadi, untuk menurunkan gigi, meskipun motor dilengkapi quick shifter tetap harus menggunakan kopling agar deselerasi lebih halus.Selain respon mesin kurang nyaman, dikhawatirkan bagian transmisi atau gearbox jadi cepat rusak kalau menurunkan gigi tanpa menekan kopling.

Untuk instalasinya, quick shifter ada yang tersedia plug and play untuk beberapa motor tertentu, dan ada juga yang harus di jumper kabel buat motor lainnya.Dibanding quick shifter standar pabrikan, produk aftermarket punya beberapa fitur yang bisa disetel sesuai keperluan.Antara lain seperti fitur adaptive shift yang bisa menyesuaikan riding style pemilik motor, sehingga proses ganti gigi bisa diatur. Ada juga fungsi kill time dan sensitivity, berguna untuk mengatur seberapa lama sensor baru bekerja setelah mendapat respon dari pengguna motor.

Pertanyaan terakhir tentu saja adalah bisa dan aman gak sih jika perangkat ini digunakan pada motor trail harian? Ternyata penggunaan quick shifter pada motor harian aman-aman saja kok, tangan malah menjadi tidak mudah pegal apalagi jika jalan yang dilalui adalah jalan kota yang sering macet.

comments

`