news

Tips & Tricks
Berpetualang di Pantai Timur Lampung

view
152
like  
0

Sunday, 5 August 2018


Posted by : Administrator

Indonesia memang diberkahi dengan keindahan alam yang tidak ada habisnya. Bagi para penggila motor trail, alam Indonesia adalah surga yang penuh dengan tantangan yang menunggu untuk ditaklukan. Nah salah satu rute yang berada di luar pulau Jawa dan sering digunakan untuk berpetualang adalah daerah seputaran Pantai Timur di Provinsi Lampung.

Sebenernya jalur off road di tempat ini terhitung terbatas, jarang ada tanjakan-tanjakan yang ekstrem, namun jalur becek ditengah perkebunan sawit mendominasi rute ini. Sebelum memasuki perkebunan sawit, Anda akan melewati perkampungan yang lintasanya merupakan gabungan dari tanah pasir dan makadam. Setelah itu baru melewati jalur single track di perkebunan sawit dengan kondisi tanah yang becek dan lengket. Teksur tanah gambut dan lempung ini akan membuat lintasan menjadi amat sangat licin.

Dalam kondisi seperti ini, diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian dalam melahap lintasan. Salah-salah ban depan motor trail Anda bakal tertancap dengan sempurna di dalam kubangan lumpur dan untuk menggerakan motor trail membutuhkan bantuan dari beberapa rekan Anda.

Nah lepas dari jalur perkebunan, Anda kemudian akan bertemu dengan area pertambakan. Di area ini handicapnya terhitung tidak terlalu sulit, karena lintasannya cukup lebar dan kondisi tanah kendati licin namun cukup padat untuk bisa menggeber motor trail Anda. Pasca melewati pertambakan, kemudian ada sebuah aliran sungai yang memisahkan daerah tambah dan pantai, hati-hati dalam mengarunginya karena aliran air cukup deras.

Memasuki daerah bibir pantai, Anda akan disambut oleh rimbunnya pohon bakau yang rimbun. Hamparan pasir pantai yang putih membuat pemandangan semakin indah dan membuat Anda ingin menarik gas lebih dalam lagi, tapi hati-hati ya kondisi pasir pantai di sini agak sedikit berbeda. Pasir hanya menutup bagian atas dari pantai, sedangkan bagian bawahnya berupa lumpur yang bisa membuat motor trail Anda ambles dan terbenam lho.

Tujuan utama dari daerah Pantai Timur adalah Pantai Mutiara Baru. Untuk mencapai tempat ini Anda harus melewati laut terlebih dahulu lho. Sebenarnya bisa melalui muara sungai, tapi arus yang dalam dan deras membuatnya lebih sulit untuk dilalui. Menerjang laut memang bikin deg-degan karena sifat air laut terhitung korosif terhadap logam tau komponen lain yang ada di motor trail. Terlalu lama berendam di air laut tentu akan berdampak buruk bagi motor trail.

Setelah melewati rintangan ini, Pantai Mutiara Baru siap menyambut Anda. ada beberapa kedai yang menyediakan aneka ikan bakar segar yang pasti akan membuat selera makan Anda bertambah. Tapi jangan lupa, pinjam selang dan basuh motor trail Anda dari air laut dulu ya sebelum menikmati makanan tadi. Wih makin gak sabar kan buat nyicipin jalur ini?

Tags : Trial Game,Nyali Aja Ngga Cukup