caption trialgame

Biar Gak Mogok, Lindungi Koil Ya

Friday, 12 October 2018

Mungkin banyak dari Anda yang gemar berpetualang offroad, tiba-tiba motor trail mengalami mesin mati atau mesin brebet. Biasanya gejala ini juga muncul kalau melewati jalur yang terlalu ekstrem saat main tanah. Nah masalah ini sebeneranya adalah masalah biasa, apalagi jika sehabis menempuh jalur ekstrem, . paling ada yang mengganggu di sistem pengapian. Makanya, mesin motor trail menjadi brebet atau tersendat.

Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengecek pada bagian koilyang tertempel di rangka bagian depan sebelah kanan.Koil ini sering menjadi biang keladi terjadinya mesin mati mendadak atau brbet pada beragam mesin motor trail, namun yang paling sering ditemui pada Kawasiaki KLX 150.

Karena posisinya yang di depan, koil KLX 150 rawan terkena air dan lumpur ketika di jalur.ni yang menyebabkan mesin brebet atau tersendat dan mati mendadak ketika digunakan.Pastikan posisi soketnya ada di bawah biar tidak menampung air atau tanah. Kalau soket terkena air, tanah atau lumpur otomatis pengapian terganggu dan bikin brebet.

Pada saat motor trail melibas genangan atau melaju di tengah guyuran hujan, satu soket kabel, khususnya kabel positif, rawan terkena air. Bila air masuk ke sambungan kabel, maka motor akan mogok. Bila itu terjadi, lepaslah sambungan atau soket tersebut. Kemudian tiup atau semprot dengan angin kompresor dan lap hingga bersih dan kering.

Nah untuk amannya sebelum berpetualang di medan offroad ada baiknya di daerah ini dikasih sealant supaya air dan kotoran tidak gampang masuk. Satu lagi, pastikan juga kalian menggunakan cangklong busi yang tertutup.Tujuannya agar tidak gampang ditembus air ketika melintasi jalan basah.

comments

`