caption trialgame

Boleh Tidak Utak-Atik Langsam Motor Trail ?

Wednesday, 18 July 2018

Langsam atau idle pada motor trail memiliki pengaturan yang disesuaikan dengan kebutuhan mesin. Ini dimaksudkan untuk menjaga mesin motor trail tetap maksimal dan tidak memiliki hambatan saat digunakan.

Untuk langsam atau idle ini, setiap pabrikan motor telah memberikan standar yang disesuaikan dengan mesin motor produknya. Namun masih banyak pemilik motor trail yang tidak memiliki pengetahuan otomotif lebih namun ingin mengatur langsam tunggangan mereka sendiri. Ada beberapa hal yang biasanya jadi alasan, namun yang utama adalah agar motor tarikan motor trail lebih dahsyat atau bahan bakar lebih irit. Lantas, boleh tidak sih mengutak-atik langsam mesin motor trail?

Pengaturan langsam pada motor sebenarnya tidak bisa dilakukan sembarangan. Terlebih, motor telah di desain sedemikian rupa dan telah melewati berbagai pertimbangan. Hal in tidak bisa sembarangan karena untuk mengatur tingkat langsam yang tepat harus dengan menggunakan perasaan dan pengalaman.

Untuk motor trail yang masih menggunakan sistem karburator, penyetelan dilakukan manual dengan bantuan chooke (membantu sepeda motor menyala, ketika suhu dingin). Sedangkan untuk motor trail injeksi , penyetelan dilakukan otomatis oleh termowax. Jadi motor trail bisa dengan mudah menyala dalam kondisi suhu apapun.

Jika setelan langsam terlalu rendah, akan berdampak buruk bagi kesehatan motor trail Anda. Salah-salah bisa membuat oli mesin berkurang sehingga kepala silinder tidak terlumasi dengan sempurna.Selain itu juga motor trail nantinya akan mudah mati saat berhenti, dan akan membuat tenaga motor berkurang akibat terlalu rendah. Sementara itu jika setelan langsam terlalu tinggi, akan berbahaya karena mesin akan sangat responsif terhadap putaran gas dan bahan bakar akan cepat terkuras.

Masing-masing motor trail memang memiliki setelan langsam ideal masing-masing. Namun ada satu setelan yang dianggap standar yaitu sekitar 12.500 rpm dalam kondisi busi yang bagus dengan knalpot standar non racing. Jadi jangan sembarang utak-atik langsam motor trail ya.

comments

`