news

Tips & Tricks
Cara Benar Menambal Ban Motor Trail Dual Sport

view
497
like  
0

Friday, 12 January 2018


Posted by : Administrator

Bagi Anda para pengguna motor trail dual sport, tentu sudah pernah mengalami kondisi dimana ban motor trail Anda tertusuk sebuah benda asing yang kemudian menjadi kempes. Jika hal ini terjadi biasanya Anda akan segera mencari pertolongan ke tukang tambal ban terdekat untuk menambal lubang yang bocor tadi.

Tapi tahukah Anda ternyata hal ini bisa membuat ban motor trail dual sport Anda menjadi rusak. Bayangkan ban mulus Anda yang tadinya hanya memiliki lubang sebesar jarum, kini ditusuk dengan alat tusuk yang memiliki ukuran sebesar kelingking. Setelah itu lubang tadi akan masukan sejenis tali serabut elastis, dengan tingkat regangan yang mampu membuat kerusakan ban semakin parah. Mulai dari bahan karet penambal yang tidak sesuai, hingga anyaman benang dibagian dalam yang mungkin sobek akibat proses ini.  Hal ini akan membuat umur dari ban motor trail dual sport Anda menjadi lebih berkurang lagi.

Nah sebenarnya ada sebuah trik mudah untuk menambal ban motor trail Anda yang bocor. Tidak perlu membawanya ke tukang tambal ban, dan tidak akan menimbulkan kerusakan lebih pada ban motor trail Anda. Bagaiamana caranya? Yuk simak tutorialnnya ya.

Yang pertama tentu adalah mendeteksi lokasi kebocoran pada ban motor trail. Setelah itu lepas benda yang menyebabkan terjadinya kebocoran tersebut. Jangan lupa untuk menandai lokasi terjadinya kebocoran, bisa dengan tip eks atau spidol yang memiliki warna cerah agar timbul pada permukaan ban.

Cuci sekitar daerah yang mengalami kebocoran hingga bersih, dan keringkan dengan menggunakan lap kering. Setelah itu ambil lem power glue atau superglue, kemudian tetesi pada lubang yang bocor tadi. Agar lem dapat masuk lebih dalam lagi, gunakan paku ukuran kecil untuk menusuk-nusuk lubang tadi.

Oh iya gunakan paku yang bersih ya, jangan gunakan paku yang kotor atau berkarat, karena kotoran tak kasat matanya bisa membuat proses penutupan lubang tidak optimal.  Tunggu kurang lebih 10 menit agar lem kering dengan merata. Setelah itu baru tambahkan angina sesuai dengan keinginan Anda. Dan ban siap digunakan kembali.

Metode ini memiliki beragam keunggulan karena daya adesif lem superglue lebih kuat dibandingkan daya kohesif karet ban itu sendiri. Titik kebocaran tadi akhirnya menjadi lebih kuat dibandingkan bagian lainnya. Dan karena hanya menggunakan lem, kemungkinan tambalan terlepas amat sangat kecil.

Proses ini juga tidak mempengaruhi massa ban motor trail Anda, karena adanya penambahan benda asing di dalam ban. System kawat jaringan di dalam ban pun menjadi lebih terawat. Dan tentu saja biaya yang Anda keluarkan praktis lebih murah karena hanya bermodalkan lem superglue saja.

Image credit : motorcycleparts2u.com

Tags : Trial Game,Indonesia